Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pemanfaatan Objek Wisata Taman Panemon Sebagai Prasarana Aktivitas Luar Kelas Sekolah Dasar Di Kecamatan Sumbang

Khusen, Shadam (2025) Pemanfaatan Objek Wisata Taman Panemon Sebagai Prasarana Aktivitas Luar Kelas Sekolah Dasar Di Kecamatan Sumbang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN.

[img] PDF (COVER)
COVER_SHADAM KHUSEN _I1E021002 _FIKES_2025.pdf

Download (103kB)
[img] PDF (LEGALITAS_SHADAM KHUSEN _I1E021002 _FIKES_2025.)
LEGALITAS_SHADAM KHUSEN _I1E021002 _FIKES_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (ABSTRAK_SHADAM KHUSEN _I1E021002 _FIKES_2025.)
ABSTRAK_SHADAM KHUSEN _I1E021002 _FIKES_2025.pdf

Download (121kB)
[img] PDF (BABI)
BAB I_SHADAM KHUSEN _I1E021002 _FIKES_2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 May 2026.

Download (730kB)
[img] PDF (BABII)
BAB II_SHADAM KHUSEN _I1E021002 _FIKES_2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 May 2026.

Download (847kB)
[img] PDF (BABIII)
BAB III_SHADAM KHUSEN _I1E021002 _FIKES_2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 May 2026.

Download (784kB)
[img] PDF (BABIV)
BAB IV_SHADAM KHUSEN _I1E021002 _FIKES_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (BABV)
BAB V_SHADAM KHUSEN _I1E021002 _FIKES_2025.pdf

Download (174kB)
[img] PDF (DAFTARPUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_SHADAM KHUSEN _I1E021002 _FIKES_2025.pdf

Download (616kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_SHADAM KHUSEN _I1E021002 _FIKES_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Latar Belakang: Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar, yang bertujuan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Adapun masalah yang sering terjadi pada pembelajaran siswa di tingkat SD adalah penggunaan metode pembelajaran yang kurang melibatkan siswa, sehingga akan menyebabkan kurangnya motivasi siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini menjadi perhatian khusus bagi guru untuk menentukan metode pembelajaran yang tepat untuk siswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan aktivitas luar kelas. Aktivitas luar kelas dalam pembelajaran PJOK memiliki peran penting untuk membentuk karakter dan keterampilan siswa. Salah satu bentuk dari pelaksanaan aktivitas luar kelas adalah dengan memanfaatkan objek wisata. Objek wisata Taman Panemon memiliki potensi sebagai prasarana pembelajaran aktivitas luar kelas yang akan mendukung pengalaman belajar siswa secara langsung. Tujuan Penelitian: Mengetahui bagaimana pemanfaatan objek wisata Taman Panemon sebagai prasarana aktivitas luar kelas dan untuk mengetahui bagaimana faktor pendukung dan penghambat objek wisata Taman Panemon yang digunakan sebagai prasarana aktivitas luar kelas Sekolah Dasar di Kecamatan Sumbang. Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan terdiri dari Guru PJOK, Siswa SD di Kecamatan Sumbang, dan Pengelola objek wisata Taman Panemon Hasil Penelitian: Penelitian ini menunjukkan bahwa objek wisata Taman Panemon dapat dimanfaatkan sebagai prasarana aktivitas luar kelas. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa aspek yang dapat dimanfaatkan sebagai prasarana aktivitas luar kelas diantaranya aspek daya tarik berupa wahana edukasi renang dan interaksi dengan hewan yang mendukung proses pembelajaran aktivitas luar kelas. Pada aspek aksesibilitas ditemukan adanya kondisi jalan yang berbeda-beda pada setiap rute perjalanan yang dipilih. Jika menempuh perjalanan dari arah selatan maka terdapat kondisi jalan yang rusak, namun jika menumpuh perjalanan dari arah utara maka kondisi jalan relatif bagus. Pada aspek fasilitas penunjang dilengkapi dengan fasilitas edukasi, fasilitas rekreasi/hiburan, dan fasilitas umum. Pada aspek keamanan,tersedia peralatan keamanan, petugas keamanan, dan peringatan kemanan. Pada aspek paket wisata terdapat pilihan paket seperti paket umum, paket reservasi, dan paket jeep pasafun. Kesimpulan: Penelitian ini menyimpulkan bahwa objek wisata Taman Panemon relevan untuk dimanfaatkan sebagai prasarana aktivitas luar kelas oleh beberapa SD di Kecamatan Sumbang. Wisata tersebut menawarkan pengalaman belajar berbasis praktik yang didukung dengan fasilittas atau wahana edukasi dan rekreasi. Adapun faktor pendukungnya mencangkup kesesuaian aktivitas luar kelas dengan kurikulum merdeka, aksesibilitas wisata strategis, fasilitas dan wahana edukasi yang mendukung aktivitas luar kelas, keamanan objek wisata yang relatif baik, serta adanya kolaborasi dengan objek wisata lain. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu terdapat akses jalan yang masih rusak, tempat parkir yang belum permanen, serta tidak disediakan paket khusus untuk pelajar. Kata Kunci: Aktivitas Luar Kelas, Objek Wisata, Prasarana, Taman Panemon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: I25255
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Luar Kelas, Objek Wisata, Prasarana, Taman Panemon.
Subjects: L > L89 Learning and scholarship
S > S761 Student activities
Depositing User: Mr Shadam Khusen
Date Deposited: 26 May 2025 01:51
Last Modified: 26 May 2025 01:51
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34150

Actions (login required)

View Item View Item