ADHITYA, Candra (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Comal. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Candra Adhitya-C1L020044-2025.pdf Download (103kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Candra Adhitya-C1L020044-SKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Candra Adhitya-C1L020044-SKRIPSI-2025.pdf Download (234kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Candra Adhitya-C1L020044-SKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 23 June 2026. Download (3MB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Candra Adhitya-C1L020044-SKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 23 June 2026. Download (9MB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Candra Adhitya-C1L020044-SKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 23 June 2026. Download (3MB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Candra Adhitya-C1L020044-SKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Candra Adhitya-C1L020044-SKRIPSI-2025.pdf Download (865kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Candra Adhitya-C1L020044-SKRIPSI-2025.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Candra Adhitya-C1L020044-SKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Comal yang dilatarbelakangi oleh rendahnya rata-rata nilai siswa pada kelas XII yang mendapatkan mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran POE terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar di SMA Negeri 1 Comal. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk Non-Equivalent Control Group Design yang pada prosesnya akan menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII yang mendapat mata pelajaran ekonomi tahun ajaran 2024/2025 SMA Negeri 1 Comal yang berjumlah 179 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik Purposive Sampling dimana dalam menentukan sampel penelitian diambil berdasarkan kriteria tertentu seperti guru pengampu yang sama, mata pelajaran yang sama, dan penjelasan materi yang sama. Oleh karena itu, sampel dalam penelitiaan ini diperoleh 71 responden yang terdiri dari siswa kelas XII 6 dan kelas XII 7 SMA Negeri 1 Comal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang pertama, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang menerapkan model pembelajaran POE dengan siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Kedua, terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menerapkan model pembelajaran POE dengan siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Ketiga, terdapat pengaruh positif dari model pembelajaran POE terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Keempat terdapat pengaruh positif dari model pembelajaran POE terhadap hasil belajar siswa yang mendapatkan mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Comal. Pembelajaran dapat berjalan dengan baik apabila penerapan model pembelajaran POE sesuai dengan sintaks yang ada, guru berperan penting dalam pelaksanaan model pembelajaran POE karena guru akan menjadi fasilitator didalam kelas, dengan pembelajaran yang eksploratif dan analitis pembelajaran akan melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Pihak lain seperti dari sekolah juga diperlukan adanya kolaborasi seperti turut menyediakan sarana dan prasarana yang dapat menunjang proses pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | C25322 |
| Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE), Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar |
| Subjects: | A > A19 Academic achievement |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mrs Candra Adhitya |
| Date Deposited: | 23 Jun 2025 01:08 |
| Last Modified: | 23 Jun 2025 01:08 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34558 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
