ASTUTI, Nurul Istiqomah Tri (2018) Analisis Penggunaan Computer Physician Order Entry (CPOE)terhadap Mutu Pelayanan dan Kepuasan pelanggan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Margono Soekarjo Purwokerto. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
1 cover.pdf Download (685kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
2 legalitas.pdf Restricted to Repository staff only Download (714kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
3 abstrak.pdf Download (692kB) |
|
|
PDF (BabI)
4 bab1.pdf Restricted to Repository staff only until 2 July 2026. Download (712kB) |
|
|
PDF (BabII)
5 bab2.pdf Restricted to Repository staff only until 2 July 2026. Download (779kB) |
|
|
PDF (BabIII)
6 bab3.pdf Restricted to Repository staff only until 2 July 2026. Download (723kB) |
|
|
PDF (BabIV)
7 bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (771kB) |
|
|
PDF (BabV)
8 bab5.pdf Download (698kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
9 dapus.pdf Download (726kB) |
Abstract
Teknologi informasi berbasis komputer sekarang banyak digunakandibidang kesehatan diantaranya Electronic Medical Record(EMR). Teknologiyang semakin maju ikut berdampak pada perubahan resep tulisan tangan menjadielektronik. Hal ini merupakan strategi yang penting untuk meningkatkanpelayanan kesehatan.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan Computerphysician order entry terhadap mutu pelayanan dan kepuasan pelanggan diinstalasi farmasi RSUD Margono Soekarjo. jenis penelitian ini menggunakansurvei dengan kuisioner yang diberikan kepada pasien rawat jalan RS MargonoSoekarjo. Metode pengambilan sampel menggunakan non probabilitasconsecutive sampling yaitu sampel diambil dari responden yang memenuhikriteria pemilihan sampel hingga jumlah subjek terpenuhi yaitu 110 responden.Validitas data menggunakan korelasi product moment .Teknik analisis datamenggunakan path analysis dengan dibantu software SPSS 20.Hasil analisis data penelitian ini didapatkan hasil bahwa penggunaanComputer Physician Order Entry (CPOE)tidak berpengaruh terhadap waktutunggu antrian pengambilan obat, kesalahan pemberian obat, komunikasi apotekerpasien. Penggunaan Computer Physician Order Entry (CPOE), waktu tungguantrian pengambilan obat, dan komunikasi apoteker mutu pelayanan berpengaruhterhadap kepuasan pelanggan dengan arah positif . Kesalahan pemberian obattidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil tersebut dapatdisimpulkan bahwa penggunaan Computer Physician Order Entry (CPOE)tidakberpengaruh terhadap mutu pelayanan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit MargonoSoekarjo Purwokerto namun berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan diInstalasi Farmasi Rumah Sakit Margono Soekarjo Purwokerto.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Analisis, Computer Physician Order Entry (CPOE), Mutu Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto |
| Subjects: | C > C1019 Customer relations |
| Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Manajemen |
| Depositing User: | Mr Fathu Rahman Rosyidi |
| Date Deposited: | 02 Jul 2025 04:47 |
| Last Modified: | 02 Jul 2025 04:47 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34680 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
