NIDA, Nida (2025) Perbandingan Strategi Pengembangan Layanan Pengunjung Bandung Techno Park terhadap Solo Techno Park Berdasarkan Model Carter dan Impotance Performance Analysis. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER_NIDA_H1E021014_SKRIPSI_2025.pdf Download (41kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS_NIDA_H1E021014_SKRIPSI_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (756kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK_NIDA_H1E021014_SKRIPSI_2025.pdf Download (164kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB 1_NIDA_H1E021014_SKRIPSI_2025.pdf Restricted to Repository staff only until 9 July 2026. Download (290kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB II_NIDA_H1E021014_SKRIPSI_2025.pdf Restricted to Repository staff only until 9 July 2026. Download (508kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB III_NIDA_H1E021014_SKRIPSI_2025.pdf Restricted to Repository staff only until 9 July 2026. Download (271kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB IV_NIDA_H1E021014_SKRIPSI_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (867kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB V_NIDA_H1E021014_SKRIPSI_2025.pdf Download (252kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_NIDA_H1E021014_SKRIPSI_2025.pdf Download (280kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_NIDA_H1E021014_SKRIPSI_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Bandung Techno Park merupakan kawasan terpadu berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Pada penelitian ini menggunakan Model CARTER, yang terdiri dari enam dimensi: Compliance, Assurance, Reliability, Tangibles, Empathy, dan Responsiveness. Penambahan dimensi Compliance dianggap penting karena techno park memiliki karakteristik sebagai pusat edukasi dan inovasi yang tunduk pada standar pelayanan publik. Untuk mengukur tingkat kepuasan pengunjung, digunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 64 responden yang merupakan pengunjung BTP. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai CSI Bandung Techno Park sebesar 84%, yang termasuk dalam kategori “good”, menandakan bahwa mayoritas pelanggan merasa cukup puas dengan kualitas layanan yang diberikan tetapi terdapat beberapa dimensi dan atribut yang masih perlu ditingkatkan untuk memenuhi harapan pelanggan secara menyeluruh. Sementara itu, hasil analisis IPA menunjukkan bahwa beberapa atribut, khususnya pada dimensi empathy dan tangible dalam Kuadran I (Concentrate Here), yang berarti perlu segera menjadi prioritas perbaikan karena tingkat kepentingannya tinggi namun kinerjanya rendah. Sebaliknya beberapa atribut pada dimensi Reliabilty dan Assurance berada di Kuadran II (Keep Up the Good Work), yang menunjukkan bahwa layanan pada aspek ini sudah sesuai dengan harapan pengunjung dan perlu dipertahankan. Hasil perbandingan dengan Solo Techno Park memberikan gambaran mengenai keunggulan dan kelemahan layanan BTP. Strategi peningkatan untuk BTP dengan melakukan personalized mentoring program, customer service training, penambahan frontliner, dan melakukan pengukuran dengan techno park lain untuk mendapatkan best practice.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | H25127 |
| Uncontrolled Keywords: | Bandung Techno Park, Solo Techno Park, Model CARTER, Customer Satisfaction Index, Importance Performance Analysis, Strategi Peningkatan, Kualitas Layanan |
| Subjects: | C > C1020 Customer services |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri |
| Depositing User: | Mrs. NIDA NIDA |
| Date Deposited: | 09 Jul 2025 08:12 |
| Last Modified: | 09 Jul 2025 08:12 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34771 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
