Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Perbandingan Strategi Pengembangan Layanan Pengunjung Bandung Techno Park terhadap Solo Techno Park Berdasarkan Model Carter dan Impotance Performance Analysis

NIDA, Nida (2025) Perbandingan Strategi Pengembangan Layanan Pengunjung Bandung Techno Park terhadap Solo Techno Park Berdasarkan Model Carter dan Impotance Performance Analysis. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER_NIDA_H1E021014_SKRIPSI_2025.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS_NIDA_H1E021014_SKRIPSI_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK_NIDA_H1E021014_SKRIPSI_2025.pdf

Download (164kB)
[img] PDF (BabI)
BAB 1_NIDA_H1E021014_SKRIPSI_2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2026.

Download (290kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II_NIDA_H1E021014_SKRIPSI_2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2026.

Download (508kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III_NIDA_H1E021014_SKRIPSI_2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2026.

Download (271kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV_NIDA_H1E021014_SKRIPSI_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (867kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V_NIDA_H1E021014_SKRIPSI_2025.pdf

Download (252kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_NIDA_H1E021014_SKRIPSI_2025.pdf

Download (280kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_NIDA_H1E021014_SKRIPSI_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bandung Techno Park merupakan kawasan terpadu berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Pada penelitian ini menggunakan Model CARTER, yang terdiri dari enam dimensi: Compliance, Assurance, Reliability, Tangibles, Empathy, dan Responsiveness. Penambahan dimensi Compliance dianggap penting karena techno park memiliki karakteristik sebagai pusat edukasi dan inovasi yang tunduk pada standar pelayanan publik. Untuk mengukur tingkat kepuasan pengunjung, digunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 64 responden yang merupakan pengunjung BTP. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai CSI Bandung Techno Park sebesar 84%, yang termasuk dalam kategori “good”, menandakan bahwa mayoritas pelanggan merasa cukup puas dengan kualitas layanan yang diberikan tetapi terdapat beberapa dimensi dan atribut yang masih perlu ditingkatkan untuk memenuhi harapan pelanggan secara menyeluruh. Sementara itu, hasil analisis IPA menunjukkan bahwa beberapa atribut, khususnya pada dimensi empathy dan tangible dalam Kuadran I (Concentrate Here), yang berarti perlu segera menjadi prioritas perbaikan karena tingkat kepentingannya tinggi namun kinerjanya rendah. Sebaliknya beberapa atribut pada dimensi Reliabilty dan Assurance berada di Kuadran II (Keep Up the Good Work), yang menunjukkan bahwa layanan pada aspek ini sudah sesuai dengan harapan pengunjung dan perlu dipertahankan. Hasil perbandingan dengan Solo Techno Park memberikan gambaran mengenai keunggulan dan kelemahan layanan BTP. Strategi peningkatan untuk BTP dengan melakukan personalized mentoring program, customer service training, penambahan frontliner, dan melakukan pengukuran dengan techno park lain untuk mendapatkan best practice.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H25127
Uncontrolled Keywords: Bandung Techno Park, Solo Techno Park, Model CARTER, Customer Satisfaction Index, Importance Performance Analysis, Strategi Peningkatan, Kualitas Layanan
Subjects: C > C1020 Customer services
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri
Depositing User: Mrs. NIDA NIDA
Date Deposited: 09 Jul 2025 08:12
Last Modified: 09 Jul 2025 08:12
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34771

Actions (login required)

View Item View Item