Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Pengaruh Potongan Harga, Kepercayaan, Iklan di Internet Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Tokopedia

SETIAWAN, Dwiki (2019) Analisis Pengaruh Potongan Harga, Kepercayaan, Iklan di Internet Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Tokopedia. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
COVER-DWIKI SETIAWAN-C1B015087-SKRIPSI-2019.pdf

Download (34kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-DWIKI SETIAWAN-C1B015087-SKRIPSI-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-DWIKI SETIAWAN-C1B015087-SKRIPSI-2019.pdf

Download (144kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
BAB I-DWIKI SETIAWAN-C1B015087-SKRIPSI-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-DWIKI SETIAWAN-C1B015087-SKRIPSI-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-DWIKI SETIAWAN-C1B015087-SKRIPSI-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-DWIKI SETIAWAN-C1B015087-SKRIPSI-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-DWIKI SETIAWAN-C1B015087-SKRIPSI-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img]
Preview
PDF (Daftarpustaka)
DAFTAR PUSTAKA-DWIKI SETIAWAN-C1B015087-SKRIPSI-2019.pdf

Download (106kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-DWIKI SETIAWAN-C1B015087-SKRIPSI-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan studi empiris dengan judul “Analisis Pengaruh Potongan Harga, Kepercayaan, dan Iklan di Internet terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Tokopedia”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel potongan harga, kepercayaan, dan iklan di internet terhadap variabel keputusan pembelian konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah responden yang berumur ≥17 tahun, pernah menggunakan e-commerce Tokopedia sebanyak ≥3 kali dan jangka waktu terakhir bertransaksi di Tokopedia < 2 bulan yang lalu dan berdomisili di Kota Purwokerto. Sampel penelitian ini sebanyak 96 responden diambil menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linear berganda diolah dengan software SPSS menunjukkan bahwa variabel potongan harga dan kepercayaan signifikan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel iklan di internet tidak signifikan dan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Variabel potongan harga dinilai responden memenuhi harapannya, besarnya potongan harga yang diberikan Tokopedia membuat konsumen tertarik membeli karena harganya menjadi paling murah jika dibandingkan harga di e-commerce lainnya. Responden berpendapat bahwa akan lebih bermanfaat jika konsumen membeli produk yang terdapat potongan harga dengan kuantitas yang banyak sekaligus karena adanya cashback yang semakin besar. Responden memiliki kepercayaan yang tinggi pada Tokopedia. Hal ini dikarenakan adanya kejujuran yang Tokopedia berikan, sistem transaksi di Tokopedia yang aman. Responden berpendapat bahwa produk yang dikirim sampai di tempat tepat pada waktunya. Selain itu responden juga berpendapat bahwa respon dari Tokopedia cepat saat ada pertanyaan dan tanggap saat konsumen mengalami masalah seperti kerusakan pada produk atau terdapat produk yang cacat. Variabel iklan di internet dinilai responden menarik dan dapat menyampaikan informasi dengan jelas, namun iklan Tokopedia di internet tidak membuat responden melakukan pembelian di Tokopedia, hal ini dikarenakan terkadang iklan tersebut terlalu sering muncul sehingga mengganggu sehingga hanya dilihat sekilas oleh responden. Keputusan pembelian yang dilakukan bukanlah dikarenakan setelah melihat iklan di Tokopedia di internet. Tokopedia perlu memberikan potongan harga yang lebih besar pada setiap jenis kategori produk sehingga sesuai dengan produk yang dibutuhkan konsumen. Selain itu, Tokopedia juga perlu lebih memberikan sistem yang lebih aman agar rasa percaya konsumen pada Tokopedia lebih tinggi. Tokopedia sebaiknya jangan terlalu fokus dalam melakukan promosi iklan di internet karena tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian di Tokopedia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C19357
Uncontrolled Keywords: Potongan Harga, Kepercayaan, Iklan di Internet, Keputusan Pembelian, E-Commerce, Online.
Subjects: P > P668 Purchasing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 20 Jan 2020 07:19
Last Modified: 20 Jan 2020 07:19
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/3497

Actions (login required)

View Item View Item