Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Jamaah Haji pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas Tahun 2015-2016

AZIZ, M. Wahyu Fauzi (2017) Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Jamaah Haji pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas Tahun 2015-2016. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1 Cover-M. Wahyu Fauzi Aziz-P2FB13021.pdf

Download (919kB)
[img] PDF (Legalitas)
2 Legalitas-M. Wahyu Fauzi Aziz-P2FB13021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (989kB)
[img] PDF (Abstrak)
3 Abstrak-M. Wahyu Fauzi Aziz-P2FB13021.pdf

Download (970kB)
[img] PDF (BabI)
4 Bab 1-M. Wahyu Fauzi Aziz-P2FB13021.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 July 2026.

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
5 Bab 2-M. Wahyu Fauzi Aziz-P2FB13021.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 July 2026.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
6 Bab 3-M. Wahyu Fauzi Aziz-P2FB13021.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 July 2026.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
7 Bab 4-M. Wahyu Fauzi Aziz-P2FB13021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
8 Bab 5-M. Wahyu Fauzi Aziz-P2FB13021.pdf

Download (979kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
9 Daftar Pustaka-M. Wahyu Fauzi Aziz-P2FB13021.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
10 Lampiran-M. Wahyu Fauzi Aziz-P2FB13021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kualitas pelayanan mempunyai hubungan yang erat dengan kepuasan. Untuk menentukan kepuasan jamaah, kualitas pelayanan diperlukan karena jamaah akan merasa puas apabila mendapatkan pelayanan yang baik atau yang sesuai dengan yang diharapkan. Pemberian pelayanan atau jasa yang baik pada jamaah akan memberikan kepuasan kepada para jamaah. Bila pelayanan atau jasa yang diterima sesuai dengan yang diharapkan, maka kualitas pelayanan atau jasa akan dipersepsikan baik dan memuaskan, sebaliknya bila pelayanan atau jasa yang diterima lebih rendah dari yang diharapkan, maka kualitas jasa dipersepsikan buruk. Penelitian ini bertujuan menganalisis kualitas pelayanan jamaah haji atas pelayanan haji pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Sasaran penelitian adalah jamaah haji tahun 2015 – 2016 yang telah mengakses layanan Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, dengan teknik proposional sampling per tahun. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis korelasi product moment, regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian diketahui layanan haji yang diselenggarakan oleh Kemenag dalam bentuk bukti fisik, kehandalan daya tanggap jaminan layanan dan empati dinilai baik sehingga sangat dirasakan manfaatnya oleh jamaah haji. Secara statistik bentuk bukti fisik, kehandalan daya tanggap jaminan layanan dan empati mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan jamaah haji. Hal tersebut menunjukkan bahwa kualitas pelayanan mempunyai peran dalam peningkatan kepuasan jamaah haji.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Jamaah Haji
Subjects: C > C1020 Customer services
Divisions: Program Pascasarjana & Profesi > S2 Ilmu Administrasi
Depositing User: Mrs Fathu R R
Date Deposited: 29 Jul 2025 01:31
Last Modified: 29 Jul 2025 01:31
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35254

Actions (login required)

View Item View Item