SUPRIYANTI, Supriyanti (2016) Faktor Pertimbangan Pembelian dan Analisis Nilai Pelanggan Produk Gula di Purwokerto. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
1 COVER-SUPRIYANTI-P2CC14004.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Legalitas)
2 LEGALITAS-SUPRIYANTI-P2CC14004.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
3 ABSTRAK-SUPRIYANTI-P2CC14004.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (BabI)
4 BAB I-SUPRIYANTI-P2CC14004.pdf Restricted to Repository staff only until 6 August 2026. Download (2MB) |
|
|
PDF (BabII)
5 BAB II-SUPRIYANTI-P2CC14004.pdf Restricted to Repository staff only until 6 August 2026. Download (2MB) |
|
|
PDF (BabIII)
6 BAB III-SUPRIYANTI-P2CC14004.pdf Restricted to Repository staff only until 6 August 2026. Download (2MB) |
|
|
PDF (BabIV)
7 BAB IV-SUPRIYANTI-P2CC14004.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
PDF (BabV)
8 BAB V-SUPRIYANTI-P2CC14004.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (DaftraPustaka)
9 DAFTAR PUSTAKA-SUPRIYANTI-P2CC14004.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Lampiran)
10 LAMPIRAN-SUPRIYANTI-P2CC14004.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang menentukan konsumen mengambil keputusan untuk membeli gula dan menganalisis nilai pelanggan untuk produk gula. Sampel penelitian adalah konsumen gula di Purwokerto sejumlah 100 orang. Metode yang digunakan adalah purposive sampling dengan cara convinience sampling. Data penelitian diperoleh dengan membagikan kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah analisis faktor dengan perangkat lunak Statistical Process Social Science (SPSS) dan analisis nilai pelanggan. Dari hasil penelitian dan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat 5 faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli gula di Purwokerto yaitu : 1. Faktor 1 Penampilan yang terdiri dari kelarutan yaitu kecepatan gula larut atau hancur, sertifikat yaitu jaminan sertifikasi dari badan sertifikat yang terpercaya bahwa produk gula tersebut adalah organik dan estetika yaitu tampilan seberapa menariknya gula. 2. Faktor 2 Kemudahan yang terdiri dari bentuk yaitu tampilan produk, merek yaitu nama kemasan yang melekat di produk gula, lokasi yaitu jarak yang harus di tempuh dalam membeli produk gula dan berat yaitu timbangan produk gula. 3. Faktor 3 Promosi yang terdiri dari label kadaluarsa yaitu keterangan masa pakai produk gula, pengawet yaitu apakah ada campuran bahan sebagai pengawet makanan, dan iklan yaitu iklan yang dipasang produsen pada media massa untuk memberitahukan kepada khalayak. 4. Faktor 4 Daya Tarik yang terdiri dari kebersihan yaitu indikator kualitas dilihat dari ada tidaknya benda-benda lain di dalam gula dan diskon yaitu potongan harga yang di berikan penjualan kepada pembeli. 5. Faktor 5 Kesehatan yang terdiri dari kesehatan yaitu faktor kandungan yang terdapat dalam produk gula yang membahayakan atau menguntungkankesehatan ada atau tidak. Untuk analisis pelanggan diketahui nilai pelanggan yang paling mendekati kepuasan yaitu harga gula pasir dikarenakan harga pasar adalah Rp 13.000 sedangkan di hitung nilai pelanggan harga yang diperoleh Rp 16.099, sehingga nilainya lebih rendah dibanding harga yang seharusnya menurut pelanggan.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Penampilan, Kemudahan, Promosi, Daya Tarik, Kesehatan, Gula, Gula Pasir, Gula Kelapa Cetak, Gula Kelapa Kristal. |
| Subjects: | C > C1019 Customer relations V > V8 Values |
| Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Manajemen |
| Depositing User: | Mrs Fathu R R |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 02:03 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 02:03 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35475 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
