AHMAD, Awaludin (2014) Pengaruh Variabel Anteseden Perilaku Konsumen Berwawasan Lingkungan terhadap Perilaku Konsumen Berwawasan Lingkungan Mahasiswa Universitas Sains Al Quran Jawa Tengah Di Wonosobo Dengan Pendekatan Theory Of Planned Behaviora. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
1 COVER AWALUDIN AHMAD-P2CB12001.pdf Download (776kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
2 LEGALITAS AWALUDIN AHMAD-P2CB12001.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
3 ABSTRAK.pdf Download (867kB) |
|
|
PDF (BabI)
4 BAB I AWALUDIN AHMAD-P2CB12001.pdf Restricted to Repository staff only until 13 August 2026. Download (881kB) |
|
|
PDF (BabII)
5 BAB II AWALUDIN AHMAD-P2CB12001.pdf Restricted to Repository staff only until 13 August 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabIII)
6 BAB III AWALUDIN AHMAD-P2CB12001.pdf Restricted to Repository staff only until 13 August 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabIV)
7 BAB IV AWALUDIN AHMAD-P2CB12001.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (BabV)
8 BAB V AWALUDIN AHMAD-P2CB12001.pdf Download (842kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
9 DAFTAR PUSTAKA AWALUDIN AHMAD-P2CB12001.pdf Download (962kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap, norma subjektif dan kontro lperilaku persepsian terhadap perilaku konsumen berwawasan lingkungan mahasisiwa Universitas Sains Al Quran Jawa Tengah (Unsiq Jateng) di Wonosobo. Penelitian merupakan penelitian kasusalitas dengan populasi mahasiswa Unsiq Jateng diWonosobo yang berjumlah 4.490 yang tersebar di delapan fakultas dengan jenjang pendidikan diploma 3 (D3), strata 1 ( S1) dan magister . Dalam pengambilan sampel peneliti menggunakan teknik sampling random berstrata (Stratified Random Sampling). Dimana mahasiswa Unsiq Jateng di Wonosobo sebagai populasi dibagi kedalam strata-strata (sub populasi) berdasarkan fakultas dan jenjang pendidikan yang ditempuh kemudian pengambilan sampel dilakukan dalam setiap strata. Dalam penelitian ini, memiliki faktor loading 24 dan 6 koefisien jalur sehingga ada 30 parameter. Berdasarkan pedoman tersebut, maka jumlah sampel untuk penelitian ini adalah: 7,5 x 30 estimated parameter = 225 responden. Hal ini setara dengan 5 persen dari total populasi (4490 x 5 % = 224,5) atau dibulatkan menjadi 225 dengan melakukan screening terlebih dahulu terhadap mahasisiwa, responden yang lolos seleksi tersebut adalah responden yang yang prihatin, responden yang memiliki ketertarikan terhadap kegiatan ramah lingkungan dan responden yang terlibat aktif ataupun pasif dalam mendukung program pemeliharaan lingkungan yang peduli.Penelitian ini menggunakan SEM dengan alat bantu Amos 17 dengan hasil penelitan sikap berpengaruh terhadap intensi sebesar 0,305 dimana ketika sikap berperilaku konsumen ramahlingkungan naik satu satuan maka intensi akan naik sebesar 0.305 dengan nilai critical ratio(CR) sebesar 3.478dan nilai p-value signifikan pada level 0,01. Norma subjektif berpengaruh terhadap intensi sebesar 0,604 dimana ketika norma subjektif naik satu satuanmaka intensi akan naik sebesar 0,604 dengan nilai critical ratio (CR) 4.574 dan nilai p-value signifikan pada level 0,01. Kontrol perilaku persepsian (PBC) berpengaruh terhadapintensi sebesar 0,318 artinya ketika kontrol perilaku persepsian (PBC) naik sebesar satusatuan maka intensi untuk berperilaku konsumen berwawasan lingkungan naik sebesar0,318dengan nilai critical ratio (CR)2.757 dan nilai p-value 0,006 signifikan pada level 0,01.Kontrol perilaku persepsian (perceived behavior contorol/PBC) berpengaruh terhadap perilaku konsumen ramah lingkungan sebesar 0,578 dengan kata lain ketika kontrol perilaku persepsian naik sebesar satu satuan maka intensi untuk berperilaku konsumen ramah lingkungan akan naik sebesa r 0,578 dengan nilai critical ratio (CR) 2.832 dan nilai p-value0.005 signifikan pada level 0,01. Intensi untuk berperilaku konsumen ramah lingkunganberpengaruh terhadap perilaku konsumen berwawasan lingkungan sebesar 0,359, artinya ketika terjadi kenaikan intensi untuk berperilaku konsumen berwawasan lingkungan sebesar satu satuan maka akan meningkatkan perilaku konsumen berwawasan lingkungan sebesar0,359 dengan nilai critical ratio (CR) 2.082 dan nilai p-value 0,037
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | TPB, Perilaku konsumen berwawasan lingkungan |
| Subjects: | Y > Y18 Young consumers |
| Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Manajemen |
| Depositing User: | Mr Fathu Rahman |
| Date Deposited: | 13 Aug 2025 02:24 |
| Last Modified: | 13 Aug 2025 02:24 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35772 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
