FAUZANNAH, Mega Syntia (2025) Peran Mediasi Kepercayaan dalam Pengaruh Karakteristik Live Streaming Commerce di Shopee terhadap Keraguan Pembelian. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
1. COVER_MEGA SYNTIA FAUZANNAH_C2C023054.pdf Download (280kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
2. LEGALITAS- MEGA SYNTIA FAUZANNAH_C2C023054.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
3. ABSTRAK- MEGA SYNTIA FAUZANNAH_C2C023054.pdf Download (317kB) |
|
|
PDF (BabI)
4. BAB I- MEGA SYNTIA FAUZANNAH_C2C023054.pdf Restricted to Repository staff only until 14 August 2026. Download (455kB) |
|
|
PDF (BabII)
5. BAB II- MEGA SYNTIA FAUZANNAH_C2C023054.pdf Restricted to Repository staff only until 14 August 2026. Download (558kB) |
|
|
PDF (BabIII)
6. BAB III- MEGA SYNTIA FAUZANNAH_C2C023054.pdf Restricted to Repository staff only until 14 August 2026. Download (424kB) |
|
|
PDF (BabIV)
7. BAB IV- MEGA SYNTIA FAUZANNAH_C2C023054.pdf Restricted to Repository staff only Download (732kB) |
|
|
PDF (BabV)
8. BAB V- MEGA SYNTIA FAUZANNAH_C2C023054.pdf Download (337kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA- MEGA SYNTIA FAUZANNAH_C2C023054.pdf Download (320kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN- MEGA SYNTIA FAUZANNAH_C2C023054.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan survei pada konsumen pengguna Shopee Live, platform live streaming commerce terpopuler di Indonesia. Dengan menggunakan Teori Stimulus-Organism-Response (SOR), penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh interactivity, personalization, dan visibility terhadap purchase hesitation melalui mediasi trust in streamer dan trust in product. Latar belakang penelitian didasarkan pada tingginya partisipasi penonton Shopee Live yang tidak selalu disertai dengan keputusan pembelian,yang mengindikasikan masih adanya keraguan dalam pembelian. Namun, penelitian sebelumnya lebih banyak berfokus pada pengaruh live streaming terhadap niat beli, bukan secara spesifik membahas terkait apakah dan bagaimana karakteristik live streaming dapat mengurangi keraguan pembelian (purchase hesitation). Data dikumpulkan dari 285 responden pengguna aktif Shopee Live dengan teknik purposive sampling. Analisis dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling berbasis Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil menunjukkan bahwa interactivity dan personalization berpengaruh positif terhadap trust in streamer dan trust in product. Visibility hanya berpengaruh positif terhadap trust in product. Trust in streamer juga berpengaruh positif terhadap trust in product. Selanjutnya, trust in streamer dan trust in product berpengaruh negatif terhadap purchase hesitation. Ditemukan pula bahwa trust in streamer memediasi pengaruh interactivity dan personalization terhadap purchase hesitation, sedangkan trust in product memediasi pengaruh interactivity dan visibility. Temuan ini memberikan arahan praktis bagi penjual dalam merancang strategi pemasaran live streaming commerce. Untuk membangun kepercayaan, penjual atau streamer perlu fokus pada interaktivitas dan personalisasi, sementara pengembang platform disarankan perlu mengoptimalkan visibilitas produk. Streamer perlu bersikap transparan, responsif, dan menyajikan produk dengan jelas dan detail. Strategi pemasaran harus mengutamakan komunikasi aktif, pendekatan personal, dan visualisasi produk yang kuat untuk mengatasi keraguan dan mendorong keputusan pembelian konsumen.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | P225228 |
| Uncontrolled Keywords: | Live streaming, interactivity, personalization, visibility, trust in streamer, trust in product, purchase hesitation |
| Subjects: | I > I260 Internet marketing P > P668 Purchasing |
| Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Manajemen |
| Depositing User: | Mrs. Mega Syntia Fauzannah |
| Date Deposited: | 14 Aug 2025 01:55 |
| Last Modified: | 14 Aug 2025 01:55 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35885 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
