FATHAH, Yuan Rifqy (2025) Parental Influence on Students’ English Fluency of English Education Student Study Program 2020’ Batch at Universitas Jenderal Soedirman. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Yuan Rifqy Fathah-J1E020028-Skripsi-2025.pdf Download (89kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Yuan Rifqy Fathah-J1E020028-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Yuan Rifqy Fathah-J1E020028-Skripsi-2025.pdf Download (174kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Yuan Rifqy Fathah-J1E020028-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 15 August 2026. Download (127kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Yuan Rifqy Fathah-J1E020028-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 15 August 2026. Download (315kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III--Yuan Rifqy Fathah-J1E020028-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 15 August 2026. Download (160kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Yuan Rifqy Fathah-J1E020028-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (967kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Yuan Rifqy Fathah-J1E020028-Skripsi-2025.pdf Download (112kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Yuan Rifqy Fathah-J1E020028-Skripsi-2025.pdf Download (209kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Yuan Rifqy Fathah-J1E020028-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (900kB) |
Abstract
Peran orang tua dalam kefasihan berbahasa Inggris siswa mencakup dukungan emosional, motivasional, akademik, dan material yang diberikan oleh orang tua, yang secara signifikan memengaruhi perkembangan bahasa, sikap belajar, dan tingkat kemahiran anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran orang tua terhadap kefasihan berbahasa Inggris mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, dengan mengungkap faktor-faktor yang memengaruhi hasil pembelajaran bahasa melalui keterlibatan orang tua. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan naratif. Partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2020 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Jenderal Soedirman. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan analisis tematik. Kuesioner dibagikan kepada 50 mahasiswa, dan berdasarkan jawaban mereka, 4 mahasiswa dipilih sebagai partisipan wawancara. Selain itu, peneliti mengidentifikasi faktor-faktor utama yang berkontribusi terhadap perkembangan kefasihan berbahasa Inggris berdasarkan teori Batool & Raiz (2020), yaitu dukungan akademik, ketertarikan orang tua, dan dukungan emosional. Temuan menunjukkan bahwa mahasiswa memandang pengaruh orang tua sebagai faktor penting dalam kefasihan berbahasa Inggris mereka, terutama melalui pemantauan akademik, penyediaan sumber belajar, investasi finansial, dan dukungan emosional. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keterlibatan orang tua memainkan peran yang penting dan multifaset dalam membentuk kefasihan berbahasa Inggris siswa.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | J25213 |
| Uncontrolled Keywords: | English fluency, parent influence, parent’s roles, support |
| Subjects: | E > E312 English language Study and teaching |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Mr. Yuan Rifqy Fathah |
| Date Deposited: | 15 Aug 2025 02:01 |
| Last Modified: | 15 Aug 2025 02:01 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35928 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
