Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Proses Bisnis Internal, Inovasi, dan Budaya Organisasai terhadap Kinerja Usaha batik di Kabupaten banyums

SANI, Felda Dewani (2025) Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Proses Bisnis Internal, Inovasi, dan Budaya Organisasai terhadap Kinerja Usaha batik di Kabupaten banyums. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Felda Dewani Sani-C1C021088-Skripsi-2025.pdf

Download (285kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Felda Dewani Sani-C1C021088-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (966kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Felda Dewani Sani-C1C021088-Skripsi-2025.pdf

Download (381kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Felda Dewani Sani-C1C021088-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 August 2026.

Download (448kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Felda Dewani Sani-C1C021088-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 August 2026.

Download (583kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Felda Dewani Sani-C1C021088-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 August 2026.

Download (567kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Felda Dewani Sani-C1C021088-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Felda Dewani Sani-C1C021088-Skripsi-2025.pdf

Download (414kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Felda Dewani Sani-C1C021088-Skripsi-2025.pdf

Download (345kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Felda Dewani Sani-C1C021088-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan, proses bisnis internal, inovasi, dan budaya organisasi terhadap kinerja usaha mikro pada pelaku usaha batik di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori Balanced Scorecard (BSC) untuk variabel kepuasan pelanggan, proses bisnis internal, dan inovasi, serta teori Resource Based View (RBV) untuk variabel budaya organisasi. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif melalui penyebaran kuesioner kepada 48 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas dan reliabilitas instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda (uji F dan uji R^2), dan uji hipotesis (uji t). Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha mikro, sedangkan proses bisnis internal berpengaruh signifikan namun dengan arah negatif. Sebaliknya, kepuasan pelanggan dan budaya organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha. Temuan ini mengindikasikan bahwa inovasi yang dilakukan pelaku usaha memiliki peran penting dalam mendorong kinerja, sementara ketidakefisienan proses internal dapat menjadi hambatan dalam pengembangan usaha. Keterbatasan penelitian ini terletak pada data pelaku usaha yang tidak sepenuhnya diperbarui oleh instansi terkait. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya disarankan untuk melibatkan lebih banyak variabel tambahan. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pelaku usaha dan pembuat kebijakan untuk memperkuat inovasi, membenahi proses internal, serta memberikan pelatihan dan pembinaan usaha mikro secara berkelanjutan guna meningkatkan kinerja usaha khususnya di sektor batik dan sektor mikro lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C25421
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pelanggan, Proses Bisnis Internal, Inovasi, Budaya Organisasi, Kinerja Usaha
Subjects: C > C863 Corporations Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Mrs Felda Dewani sani
Date Deposited: 19 Aug 2025 04:59
Last Modified: 19 Aug 2025 04:59
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/36033

Actions (login required)

View Item View Item