Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Tingkat Kepentingan dan Kepuasan Konsumen Terhadap Warung Bancakan Seafood Majenang

RASYIDAH, Ghina Najla (2025) Analisis Tingkat Kepentingan dan Kepuasan Konsumen Terhadap Warung Bancakan Seafood Majenang. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Ghina Najla Rasyidah-A1F021019-Skripsi-2025.pdf

Download (237kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Ghina Najla Rasyidah-A1F021019-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Ghina Najla Rasyidah-A1F021019-Skripsi-2025.pdf

Download (778kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Ghina Najla Rasyidah-A1F021019-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 August 2026.

Download (673kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Ghina Najla Rasyidah-A1F021019-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 August 2026.

Download (776kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Ghina Najla Rasyidah-A1F021019-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 August 2026.

Download (873kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Ghina Najla Rasyidah-A1F021019-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Ghina Najla Rasyidah-A1F021019-Skripsi-2025.pdf

Download (665kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Ghina Najla Rasyidah-A1F021019-Skripsi-2025.pdf

Download (710kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Ghina Najla Rasyidah-A1F021019-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Warung Bancakan Seafood merupakan salah satu usaha kuliner yang menyajikan berbagai olahan seafood dengan konsep makan ‘bancakan’ atau makanan digelar langsung diatas meja tanpa menggunakan piring. Namun, di tengah meningkatnya popularitas kuliner seafood dan bertambahnya jumlah pesaing, Warung Bancakan Seafood justru mengalami penurunan jumlah pelanggan dan belum melakukan inovasi maupun perbaikan terhadap produk dan layanannya. Situasi ini menunjukkan perlunya evaluasi terhadap persepsi konsumen, terutama terkait aspek yang dianggap penting dan tingkat kepuasan yang dirasakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis indeks kepuasan konsumen terhadap produk, mengidentifikasi atribut-atribut yang perlu diperbaiki, menganalisis akar masalah serta merumuskan strategi perbaikan produk. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Majenang, Cilacap pada bulan Januari hingga Februari 2025. Data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner menggunakan metode purposive sampling melalui kuesioner kepada 100 orang responden yang memenuhi kriteria berusia minimal 17 tahun dan pernah mengonsumsi produk dua kali selama tiga bulan terakhir. Terdapat beberapa tahap pada penelitian ini, yaitu penyusunan kuesioner, pengujian validitas dan reliabilitas kuesioner, penyebaran kuesioner, identifikasi profil konsumen, penentuan indeks kepuasan konsumen, analisis tingkat kepentingan, kepuasan dan kesesuaian konsumen, penentuan atribut unggulan dan atribut perbaikan, serta penentuan strategi perbaikan produk menggunakan diagram fishbone. Data dianalisis menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengukur kepuasan konsumen, Importance Performance Analysis (IPA) untuk menentukan prioritas perbaikan dan Fishbone diagram untuk mengidentifikasi akar masalah. Berdasarkan analisis CSI, diketahui bahwa tingkat kepuasan konsumen berada pada kategori “sangat puas” dengan skor indeks sebesar 83,98. Selanjutnya berdasarkan analisis IPA terdeteksi lima atribut yang masih perlu mendapatkan perhatian, yaitu terkait aroma khas seafood yang menggugah selera, produk yang disajikan tidak berbau amis, informasi yang jelas mengenai menu yang disediakan, keseluruhan desain interior tempat yang menarik seperti saat ini, dan adanya promosi melalui media social (instagram, tiktok, whatsapp). Kemudian dirumuskan strategi perbaikan untuk atribut tersebut dengan mengecek kondisi rempah secara rutin, menerapkan metode FIFO, pembagian memasak menjadi beberapa batch, pemasangan exhaust fan, menerapkan standar operasional prosedur, penggunaan cool box di area memasak, memastikan wajan dibilas sebelum digunakan kembali, penentuan waktu memasak yang tepat, merevisi informasi pada buku menu, merekrut seorang graphic desainer, dan merekrut digital marketing freelancer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A25353
Uncontrolled Keywords: seafood, importance performance analysis, indeks kepuasan konsumen, kepuasan konsumen, perbaikan produk
Subjects: C > C793 Consumers
J > J56 Job satisfaction
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Ilmu dan Teknologi Pangan
Depositing User: Mrs Ghina Najla Rasyidah
Date Deposited: 21 Aug 2025 03:53
Last Modified: 21 Aug 2025 03:53
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/36444

Actions (login required)

View Item View Item