Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Digitalisasi Pendidikan di Indonesia (Studi Penggunaan Moodle Elsmansa di SMAN 1 Purbalingga Jawa Tengah)

KAMALA, Ihda Agustio Devanda Nurico (2025) Digitalisasi Pendidikan di Indonesia (Studi Penggunaan Moodle Elsmansa di SMAN 1 Purbalingga Jawa Tengah). Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Ihda Agustio Devanda Nurico Kamala-F2B023002-Tesis-2025.pdf

Download (217kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Ihda Agustio Devanda Nurico Kamala-F2B023002-Tesis-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Ihda Agustio Devanda Nurico Kamala-F2B023002-Tesis-2025.pdf

Download (203kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Ihda Agustio Devanda Nurico Kamala-F2B023002-Tesis-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 August 2026.

Download (199kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Ihda Agustio Devanda Nurico Kamala-F2B023002-Tesis-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 August 2026.

Download (203kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Ihda Agustio Devanda Nurico Kamala-F2B023002-Tesis-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 August 2026.

Download (221kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Ihda Agustio Devanda Nurico Kamala-F2B023002-Tesis-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Ihda Agustio Devanda Nurico Kamala-F2B023002-Tesis-2025.pdf

Download (188kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Ihda Agustio Devanda Nurico Kamala-F2B023002-Tesis-2025.pdf

Download (232kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Ihda Agustio Devanda Nurico Kamala-F2B023002-Tesis-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

SMAN 1 Purbalingga menggunakan platform pembelajaran digital Moodle Elsmansa untuk mengatasi tantangan pembelajaran selama pandemi Covid-19. Moodle dipilih karena fleksibilitas, fitur lengkap, dan open source. Meskipun Moodle Elsmansa memberikan fleksibilitas dan efisiensi dalam pembelajaran, sekolah menghadapi tantangan seperti kurangnya keterampilan teknologi guru, kebingungan siswa, dan masalah infrastruktur jaringan. Sekolah mengatasi tantangan ini dengan pelatihan, perbaikan infrastruktur, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan teori Konstruksi Realitas Sosial oleh Berger dan Luckmann, yang mencakup proses eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi. Eksternalisasi adalah pengembangan Moodle Elsmansa, objektivasi adalah integrasinya ke dalam realitas sekolah, dan internalisasi adalah adopsi oleh guru dan siswa. Teori ini menganalisis bagaimana sebuah inovasi teknologi, seperti Moodle, bukan sekadar alat, melainkan bertransformasi menjadi bagian integral dari realitas sosial dalam pendidikan. Moodle Elsmansa relevan dalam pembelajaran digital karena fleksibilitas akses materi dan efisiensi pengelolaan tugas. Melalui pengembangan fitur dan penanganan tantangan, Moodle dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini dapat menjadi landasan dalam pengembangan teori pendidikan dengan menekankan pendekatan holistik. Penelitian ini menjelaskan pentingnya digitalisasi pendidikan, yang tidak hanya tentang teknologi di kelas, tetapi juga lingkungan belajar yang kreatif, inovatif, dan relevan.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P225265
Uncontrolled Keywords: Adaptasi Teknolgi, E-Learning, Moodle Elsmansa
Subjects: D > D174 Digital electronics
E > E69 Education
Divisions: Program Pascasarjana & Profesi > S2 Sosiologi
Depositing User: Mr Ihda Agustio Devanda Nurico Kamala
Date Deposited: 25 Aug 2025 08:50
Last Modified: 25 Aug 2025 08:50
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/36679

Actions (login required)

View Item View Item