KAMALA, Ihda Agustio Devanda Nurico (2025) Digitalisasi Pendidikan di Indonesia (Studi Penggunaan Moodle Elsmansa di SMAN 1 Purbalingga Jawa Tengah). Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Ihda Agustio Devanda Nurico Kamala-F2B023002-Tesis-2025.pdf Download (217kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Ihda Agustio Devanda Nurico Kamala-F2B023002-Tesis-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Ihda Agustio Devanda Nurico Kamala-F2B023002-Tesis-2025.pdf Download (203kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Ihda Agustio Devanda Nurico Kamala-F2B023002-Tesis-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 25 August 2026. Download (199kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Ihda Agustio Devanda Nurico Kamala-F2B023002-Tesis-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 25 August 2026. Download (203kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Ihda Agustio Devanda Nurico Kamala-F2B023002-Tesis-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 25 August 2026. Download (221kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Ihda Agustio Devanda Nurico Kamala-F2B023002-Tesis-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB V-Ihda Agustio Devanda Nurico Kamala-F2B023002-Tesis-2025.pdf Download (188kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Ihda Agustio Devanda Nurico Kamala-F2B023002-Tesis-2025.pdf Download (232kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Ihda Agustio Devanda Nurico Kamala-F2B023002-Tesis-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
SMAN 1 Purbalingga menggunakan platform pembelajaran digital Moodle Elsmansa untuk mengatasi tantangan pembelajaran selama pandemi Covid-19. Moodle dipilih karena fleksibilitas, fitur lengkap, dan open source. Meskipun Moodle Elsmansa memberikan fleksibilitas dan efisiensi dalam pembelajaran, sekolah menghadapi tantangan seperti kurangnya keterampilan teknologi guru, kebingungan siswa, dan masalah infrastruktur jaringan. Sekolah mengatasi tantangan ini dengan pelatihan, perbaikan infrastruktur, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan teori Konstruksi Realitas Sosial oleh Berger dan Luckmann, yang mencakup proses eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi. Eksternalisasi adalah pengembangan Moodle Elsmansa, objektivasi adalah integrasinya ke dalam realitas sekolah, dan internalisasi adalah adopsi oleh guru dan siswa. Teori ini menganalisis bagaimana sebuah inovasi teknologi, seperti Moodle, bukan sekadar alat, melainkan bertransformasi menjadi bagian integral dari realitas sosial dalam pendidikan. Moodle Elsmansa relevan dalam pembelajaran digital karena fleksibilitas akses materi dan efisiensi pengelolaan tugas. Melalui pengembangan fitur dan penanganan tantangan, Moodle dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini dapat menjadi landasan dalam pengembangan teori pendidikan dengan menekankan pendekatan holistik. Penelitian ini menjelaskan pentingnya digitalisasi pendidikan, yang tidak hanya tentang teknologi di kelas, tetapi juga lingkungan belajar yang kreatif, inovatif, dan relevan.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | P225265 |
| Uncontrolled Keywords: | Adaptasi Teknolgi, E-Learning, Moodle Elsmansa |
| Subjects: | D > D174 Digital electronics E > E69 Education |
| Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Sosiologi |
| Depositing User: | Mr Ihda Agustio Devanda Nurico Kamala |
| Date Deposited: | 25 Aug 2025 08:50 |
| Last Modified: | 25 Aug 2025 08:50 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/36679 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
