Wahdah, Vina Nuriana (2025) Evaluasi Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Kinerja Perawat Di Rumah Sakit Umum Universitas Muhammadiyah Cirebon. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Vina Nurdiana Wahdah-12A023004-Tesis-2025.pdf Download (149kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Vina Nurdiana Wahdah-12A023004-Tesis-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Vina Nurdiana Wahdah-12A023004-Tesis-2025.pdf Download (246kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I- Vina Nurdiana Wahdah-12A023004-Tesis-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 25 August 2026. Download (661kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Vina Nurdiana Wahdah-12A023004- Tesis-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 25 August 2026. Download (544kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Vina Nurdiana Wahdah-12A023004-Tesis-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 25 August 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Vina Nurdiana Wahdah-12A023004-Tesis-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Vina Nurdiana Wahdah-12A023004-Tesis-2025.pdf Download (391kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Vina Nurdiana Wahdah-12A023004-Tesis- 2025.pdf Download (793kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Vina Nurdiana Wahdah-12A023004-Tesis-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK EVALUASI STRATEGI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENINGKATAN KINERJA PERAWAT DI RUMAH SAKIT UMUM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON Latar Belakang: Manajemen sumber daya manusia (SDM) memegang peranan penting dalam mendukung kualitas pelayanan keperawatan di rumah sakit. RSU Universitas Muhammadiyah Cirebon (RSU UMC) telah menerapkan berbagai strategi manajemen SDM untuk meningkatkan kinerja perawat. Namun, dalam praktiknya masih dijumpai tantangan yang memengaruhi efektivitas pelaksanaannya, seperti ketidaksesuaian antara kebijakan dan implementasi di lapangan. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus untuk menggambarkan realitas dan pengalaman perawat dalam pelaksanaan strategi SDM. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara semi-terstruktur terhadap 24 informan (terdiri dari kepala bagian SDM, Kepala bidang Keperawatan, kepala ruang keperawatan, dan perawat pelaksana), observasi partisipatif terhadap praktik kerja perawat di unit rawat inap dan Intensiv Care, studi dokumentasi terhadap regulasi dan laporan SDM, serta penyebaran kuesioner kepada perawat dan kepala keperawatan untuk mengukur kepuasan terhadap sistem manajemen SDM. Analisis Data: Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman melalui pendekatan tematik, dengan uji keabsahan data melalui triangulasi sumber dan metode. Hasil: Strategi SDM yang diterapkan mencakup proses rekrutmen, pelatihan, dan pemberian insentif serta kinerja perawat. Proses rekrutmen di RSU UMC dinilai transparan dan sesuai prosedur, namun terkendala ketiadaan bank calon tenaga, penempatan yang belum selalu sesuai kebutuhan unit, dan pemerataan orientasi. Survei menunjukkan 2 (9,1%) sangat setuju, 7 (31,8%) setuju, dan 13 (59,1%) netral. Pelatihan terstruktur dengan target 50 jam/tahun dan dilakukan 2–3 kali, namun belum sepenuhnya relevan dengan kebutuhan unit. Hasil survei terkait pelatihan: 2 (9,1%) sangat setuju, 9 (40,9%) setuju, 10 (45,5%) netral, dan 1 (4,5%) tidak setuju. Supervisi dinilai lemah (1 sangat setuju, 5 setuju, 9 netral, 6 tidak setuju, 1 sangat tidak setuju) dan evaluasi kinerja belum disertai umpan balik. Sistem insentif dinilai sebagian perawat belum adil dan stabil, Survei menunjukkan hanya 1 (4,5%) sangat setuju dan 3 (13,6%) setuju terkait keadilan insentif, sementara 11 (50%) tidak setuju/sangat tidak setuju. Meski demikian, motivasi kerja masih tinggi (7 sangat setuju, 15 setuju), walaupun berisiko menurun akibat beban kerja berat dan ketidakseimbangan insentif. Kesimpulan: Strategi manajemen SDM di RSU UMC secara umum sudah diterapkan, namun belum sepenuhnya efektif dalam meningkatkan kinerja dan kepuasan kerja perawat. Diperlukan perbaikan dalam bentuk pelatihan berbasis kebutuhan praktik, evaluasi kinerja berbasis kualitas, sistem insentif yang lebih adil, serta perencanaan distribusi staf yang lebih proporsional untuk menunjang mutu layanan keperawatan. Kata kunci: Strategi SDM, Kinerja Perawat, Kepuasan Pasien, Pelayanan Keperawatan, Rumah Sakit
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | P225193 |
| Uncontrolled Keywords: | Strategi SDM, Kinerja Perawat, Kepuasan Pasien, Pelayanan Keperawatan, Rumah Sakit |
| Subjects: | H > H252 Hospitals Personnel management |
| Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat |
| Depositing User: | Mrs Vina Nurdiana Wahdah |
| Date Deposited: | 25 Aug 2025 07:23 |
| Last Modified: | 25 Aug 2025 07:23 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/36775 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
