MUSTOFA, Syahrul (2025) Pengaruh Pendekatan Teaching at The Right Level terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Kelas XI Man 2 Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Syahrul Mustofa-C1L020144-Skripsi-2025.pdf Download (111kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Syahrul Mustofa-C1L021044-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Syahrul Mustofa-C1L020144-Skripsi-2025.pdf Download (68kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Syahrul Mustofa-C1L020144-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 25 August 2026. Download (295kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Syahrul Mustofa-C1L020144-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 25 August 2026. Download (391kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Syahrul Mustofa-C1L020144-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 25 August 2026. Download (503kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Syahrul Mustofa-C1L020144-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Syahrul Mustofa-C1L020144-Skripsi-2025.pdf Download (68kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Syahrul Mustofa-C1L020144-Skripsi-2025.pdf Download (251kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Syahrul Mustofa-C1L020144-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai pengaruh pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada kelas XI MAN 2 Banyumas. Permasalahan rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi, menjadi dasar dilakukannya penelitian ini. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menganalisis pengaruh penerapan TaRL terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pende katan kuantitatif dengan quasi experimental group design. Populasi penelitian meliputi 210 siswa kelas XI MAN 2 Banyumas, dan sampel ditentukan melalui teknik purposive sampling berdasarkan hasil ulangan harian, kesamaan materi, dan jumlah siswa, sehingga diperoleh 82 peserta didik yang terbagi ke dalam kelas eksperimen untuk XI Vokasi 1 dan kelas kontrol untuk XI Vokasi 4, masing-masing berjumlah 41 siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes pilihan ganda, sementara pengujian hipotesis dilakukan menggunakan independent sample t-test dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menerapkan pendekatan pembelajaran TaRL dengan siswa yang menerapkan pendekatan pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen (TaRL) sebesar 78 dengan 25 siswa melampaui KKTP, sedangkan kelas kontrol (konvensional) memperoleh rata-rata 49 dengan 7 siswa di atas KKTP; (2) Pendekatan pembelajaran TaRL berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai konstanta sebesar 48,634, koefisien regresi 29,024, nilai signifikansi 0,000 < 0,05, serta thitung 5,497 > ttabel 1,990. Selain itu, nilai Adjusted R Square sebesar 0,265 mengindikasikan bahwa 26,5% variasi peningkatan hasil belajar dapat dijelaskan oleh penerapan TaRL. Implikasi pada penelitian ini yaitu: untuk meningkatkan hasil belajar dengan mengintegrasikan pendekatan TaRL dalam pembelajaran. Sekolah dapat memfasilitasi guru dengan menyediakan pelatihan dan sarana pendukung dalam penerapan pendekatan TaRL. Guru perlu mendapat pelatihan intensif terkait asesmen diagnostik, pengelompokan siswa, dan strategi pembelajaran berdiferensiasi berbasis pendekatan TaRL. Siswa akan lebih mudah memahami materi dan mencapai hasil belajar optimal karena pembelajaran disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan. Hasil identifikasi tersebut, guru dapat membentuk kelompok belajar sesuai tingkat penguasaan siswa. Pendekatan TaRL terbukti berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, guru disarankan untuk menerapkan pendekatan ini. Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran, Teaching at the Right Level, Hasil Belajar
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | C25433 |
| Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Pembelajaran, Teaching at the Right Level, Hasil Belajar |
| Subjects: | P > P142 Performance S > S769 Students S > S774 Study and teaching |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mr. SYAHRUL MUSTOFA |
| Date Deposited: | 25 Aug 2025 04:49 |
| Last Modified: | 25 Aug 2025 04:49 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/36872 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
