Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Sikap Berbahasa pada Media Sosial Instagram Siswa Kelas X SMAN 1 Baturraden (Kajian Sosiolinguistik)

WIBOWO, Syadza Almira (2025) Sikap Berbahasa pada Media Sosial Instagram Siswa Kelas X SMAN 1 Baturraden (Kajian Sosiolinguistik). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Syadza Almira Wibowo-J1D021045-Skripsi-2025.pdf

Download (186kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas-Syadza Almira Wibowo-J1D021045-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Syadza Almira Wibowo-J1D021045-Skripsi-2025.pdf

Download (264kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Syadza Almira Wibowo-J1D021045-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 August 2026.

Download (288kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Syadza Almira Wibowo-J1D021045-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 August 2026.

Download (422kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Syadza Almira Wibowo-J1D021045-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 August 2026.

Download (313kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Syadza Almira Wibowo-J1D021045-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Syadza Almira Wibowo-J1D021045-Skripsi-2025.pdf

Download (231kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Syadza Almira Wibowo-J1D021045-Skripsi-2025.pdf

Download (195kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Syadza Almira Wibowo-J1D021045-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sikap berbahasa merupakan bentuk reaksi atau kecenderungan seseorang terhadap bahasa yang dapat terlihat melalui pilihan bahasa, cara berkomunikasi, dan kesadaran terhadap norma kebahasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk sikap berbahasa yang muncul dalam penggunaan media sosial instagram oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Baturraden. Sikap berbahasa dalam penelitian ini dianalisis berdasarkan tiga indikator utama yaitu loyalitas bahasa, kebanggaan terhadap bahasa, dan kesadaran norma bahasa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk menggambarkan fakta kebahasaan secara sistematis dan akurat sebagaimana adanya. Data dalam penelitian ini berupa caption, komentar,story, dan bio instagram yang digunakan oleh siswa dan dianalisis secara tekstual. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik simak bebas libat cakap (SBLC), catat, dan dokumentasi digital berupa tangkapan layar. Analisis data dilakukan melalui empat tahapan: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta menggunakan triangulasi teori untuk memastikan keabsahan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa menunjukkan sikap positif terhadap bahasa Indonesia di media sosial instagram. Indikator loyalitas bahasa ditunjukkan melalui penggunaan bahasa Indonesia secara dominan dalam caption dan komentar. Indikator kebanggaan terhadap bahasa tampak dari penggunaan bahasa Indonesia dengan ekspresi kreatif dan personal. Sementara itu, kesadaran norma bahasa terlihat dari pemilihan kosakata yang sopan dan sesuai dengan konteks. Meskipun demikian, masih ditemukan beberapa bentuk campur kode dan penggunaan bahasa tidak baku yang mencerminkan pengaruh lingkungan sosial dan karakteristik bahasa remaja. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang sikap berbahasa generasi muda dalam konteks digital, serta menjadi rujukan bagi penelitian selanjutnya dalam bidang sosiolinguistik, khususnya yang berkaitan dengan penggunaan bahasa di media sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J25256
Uncontrolled Keywords: sikap berbahasa, instagram, sosiolinguistik, media sosial, siswa, SMA
Subjects: L > L247 Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Syadza Almira Wibowo
Date Deposited: 27 Aug 2025 01:27
Last Modified: 27 Aug 2025 01:27
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/36997

Actions (login required)

View Item View Item