INDAH, Permata Sari (2016) Karakteristik Psikologis Tokoh Nao Kanzaki dalam Drama TV Raiā Gēmu Karya Hiroaki Matsuyama (Kajian Psikologi Sastra). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
1 COVER-Indah Permata Sari-F1J012013-2016.pdf Download (699kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
2 LEGALITAS-Indah Permata Sari-F1J012013-2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
3 ABSTRAK-Indah Permata Sari-F1J012013-2016.pdf Download (798kB) |
|
|
PDF (BabI)
4 BAB I-Indah Permata Sari-F1J012013-2016.pdf Restricted to Repository staff only until 26 August 2026. Download (856kB) |
|
|
PDF (BabII)
5 BAB II-Indah Permata Sari-F1J012013-2016.pdf Restricted to Repository staff only until 26 August 2026. Download (705kB) |
|
|
PDF (BabIII)
6 BAB III-Indah Permata Sari-F1J012013-2016.pdf Restricted to Repository staff only until 26 August 2026. Download (656kB) |
|
|
PDF (BabIV)
7 BAB IV-Indah Permata Sari-F1J012013-2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (BabV)
8 BAB V-Indah Permata Sari-F1J012013-2016.pdf Download (750kB) |
|
|
PDF (Daftar Pustaka)
9 DAFTAR PUSTAKA-Indah Permata Sari-F1J012013-2016.pdf Download (675kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
10 LAMPIRAN-Indah Permata Sari-F1J012013-2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan unsur instrinsik, menganalisis karekteristik psikologis, dan mendeskripsikan kondisi psikologis tokoh Nao Kanzaki pada drama televisi Raiā Gēmu (Liar Game) karya Hiroaki Matsuyama. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif dengan pendekatan psikologi sastra. Teknik pengumpulan data dengan menyimak, mencatat, dan mengklasifikasi data yang digunakan. Teknik analisis data dengan cara mendeskripsikan unsur intrinsik dan mendeskripsikan fenomena psikologis dalam drama televisi Raiā Gēmu (Liar Game) karya Hiroaki Matsuyama. Ketika karakteristik psikologis atau kepribadian seseorang (id, ego, superego) seimbang maka kondisi psikologisnya (kecemasan) juga seimbang. Tokoh Nao mempunyai suatu masalah yang menyebabkan ketidakseimbangan karakteristik psikologis sehingga ia mengalami perubahan karakteristik psikologis secara dominan. Tokoh digambarkan memiliki superego yang sangat baik, lalu mengalami perubahan ketika Nao harus memenangkan permainan ini dan mengalahkan rivalnya yang menyebabkan id-nya muncul. Hal ini membuat Nao memiliki konflik batin yang menghasilkan kecemasan realitas dalam dirinya. Ego Nao merupakan karakteristik psikologis paling dominan yang berfungsi untuk mereduksi id-nya tanpa mengecewakan superego-nya, agar tokoh Nao lebih berpikir secara realistik dalam mengatur setiap tindakannya. Karakteristik dan kondisi psikologis Nao yang dapat di identifikasi melalui perilaku yang ditampilkan pada layar kaca. Sehingga saat menonton Liar Game, penonton terlibat secara emosi melalui karakterisasi visual yang di perankan.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | F16087 |
| Uncontrolled Keywords: | Drama Televisi, Karakteristik Psikologi, Id, Super Ego, Kecemasan |
| Subjects: | L > L264 Literature P > P604 Psychological aspects |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Bahasa dan Sastra Jepang |
| Depositing User: | Mrs Lati Larasati UPA Perpustakaan Unsoed |
| Date Deposited: | 26 Aug 2025 07:34 |
| Last Modified: | 26 Aug 2025 07:34 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/37038 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
