MAULINA, Oky Savitri (2016) Kesenjangan Kepuasan Mahasiswa UKM Ecolens Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNSOED Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Pariwisata Melalui Program Acara Reality Show My Trip My Adventure di TRANS TV. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Maulina Oky Savitri-F1C012080-2016.pdf Download (421kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Maulina Oky Savitri-F1C012080-2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK -Maulina Oky Savitri-F1C012080-2016.pdf Download (436kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB I-Maulina Oky Savitri-F1C012080-2016.pdf Restricted to Repository staff only until 9 September 2026. Download (923kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB II-Maulina Oky Savitri-F1C012080-2016.pdf Restricted to Repository staff only until 9 September 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB III-Maulina Oky Savitri-F1C012080-2016.pdf Restricted to Repository staff only until 9 September 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Maulina Oky Savitri-F1C012080-2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB V-Maulina Oky Savitri-F1C012080-2016.pdf Download (931kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Maulina Oky Savitri-F1C012080-2016.pdf Download (905kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Maulina Oky Savitri-F1C012080-2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Media televisi merupakan media yang menghadirkan perbedaan, khususnya dalam proses komunikasi yang bersifat massa. Perkembangan industri pertelevisian di Indonesia membuat semakin beragamnya minat masyarakat terhadap kebutuhan akan informasi. Mahasiswa sebagai khalayak yang sadar dalam hal mengkonsumsi media, terkadang memerlukan kebutuhan akan hiburan ataupun informasi. Salah satu kebutuhan yang sedang banyak dicari oleh mahasiswa adalah kebutuhan informasi pariwisata. Salah satu program acara yang menyajikan informasi pariwisata adalah program acara reality show My Trip My Adventure di TRANS TV. Seperti yang diungkapkan teori Uses and Gratification bahwa dalam menggunakan media, khalayak selalu memiliki motif sebelum menonton My Trip My Adventure (Gratification Sought) dan merasakan kepuasan setelah menonton My Trip My Adventure (Gratification Obtained). Antara kepuasan yang dicari dan yang diperoleh tersebut, terkadang memunculkan kesenjangan. Hal ini lah yang mendasari penelitian ini. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui kesenjangan kepuasan antara motif dan kepuasan yang diperoleh dalam memenuhi kebutuhan informasi pariwisata melalui program acara reality show My Trip My Adventure. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan berlandaskan paradigm positivistik dan menggunakan kuesioner yang disebarkan pada 35 orang mahasiswa UKM Ecolens Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsoed. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan rata-rata kepuasan antara yang dicari dan yang diperoleh yang ditunjukkan pada hasil uji t -2.302 < -2,711 < 2.031. Kedua, diperoleh hasil nilai rata-rata GS (M=55.94 Std. Deviasi: 7.215) lebih kecil dari GO (M=57.54 Std. Deviasi: 6.679) yang menunjukkan bahwa terjadi kesenjangan kepuasan positif (GS<GO). Ketiga, berdasarkan hasil uji kesenjangan dari 15 item menunjukkan bahwa program acara My Trip My Adventure dapat memenuhi kebutuhan responden yang ditunjukkan pada presentase tingkat pemenuhan sebesar 84.41%.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | F16110 |
| Uncontrolled Keywords: | kesenjangan kepuasan, Uses and Gratification, reality show |
| Subjects: | T > T113 Television programs |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Mrs Lati Larasati UPA Perpustakaan Unsoed |
| Date Deposited: | 09 Sep 2025 02:30 |
| Last Modified: | 09 Sep 2025 02:30 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/37355 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
