Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analysis of the Request Strategies in “Leap Year” Movie

NINGRUM, Wahyu (2016) Analysis of the Request Strategies in “Leap Year” Movie. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1 Cover WAHYU NINGRUM F1F011064 - 2016.pdf

Download (999kB)
[img] PDF (Legalitas)
2 Legalitas WAHYU NINGRUM F1F011064 - 2016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
3 Abstrak WAHYU NINGRUM F1F011064 - 2016.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
4 Bab I WAHYU NINGRUM F1F011064 - 2016.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 October 2026.

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
5 Bab II WAHYU NINGRUM F1F011064 - 2016.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 October 2026.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
6 Bab III WAHYU NINGRUM F1F011064 - 2016.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 October 2026.

Download (982kB)
[img] PDF (BabIV)
7 Bab IV WAHYU NINGRUM F1F011064 - 2016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
8 Bab V WAHYU NINGRUM F1F011064 - 2016.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
9 Daftar Pustaka WAHYU NINGRUM F1F011064 - 2016.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
10 Lampiran WAHYU NINGRUM F1F011064 - 2016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tipe dari strategi permintaan yang digunakan oleh seluruh karakter, dan (2) menganalisa faktor apa saja yang mempengaruhi penggunaan dari strategi permintaan didalam film Leap Year. Metode kualitatif dengan menggunakan teknik sampel total diterapkan dalam penelitian ini. Data dalam penelitian ini merupakan ucapan permintaan yang mengandung sembilan tipe dari strategi permintaan. Dalam proses analisis data, pendekatan pragmatis dan dua teori oleh Blum Kulka digunakan.dalam penelitian ini. Pertama, teori strategi permintaan digunakan untuk mengetahui tipe dari strategi permintaan. Kedua, faktor sosial/situasional digunakan untuk menganalisis bagaimana faktor tersebut mempengaruhi penggunaan strategi permintaan. Dalam penelitian ini, ditemukan 43 data yang dikategorikan kedalam sembilan tipe strategi permintaan. Seluruh strategi permintaan yang ditemukan didalam film dipengaruhi oleh banyak faktor sosial/situasional. Faktor yang paling banyak digunakan adalah jarak hubungan sosial antara pembicara dan juga tujuan dari permintaan tersebut. Peneliti menyarankan bahwa penelitian ini dapat berguna sebagai referensi untuk peneliti lainnya yang ingin melakukan penelitian yang serupa dengan menggunakan object yang berbeda seperti pembicaraan yang nyata, acara bincang-bincang, dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F16336
Uncontrolled Keywords: Strategi Permintaan, Faktor Sosial, Faktor Situasional, Leap Year
Subjects: M > M591 Movie novels
S > S459 Socialism
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Lati Larasati UPA Perpustakaan Unsoed
Date Deposited: 28 Oct 2025 03:27
Last Modified: 14 Nov 2025 02:53
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/37858

Actions (login required)

View Item View Item