Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

The Strategies of Students with Limited Supporting Facilities in Learning English (A Case Study on The Eleventh Grade Students of Smk Cokroaminoto Wanadadi Academic Year 2023/2024)

ZAKY, Allam Raihan (2025) The Strategies of Students with Limited Supporting Facilities in Learning English (A Case Study on The Eleventh Grade Students of Smk Cokroaminoto Wanadadi Academic Year 2023/2024). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Allam Raihan Zaky-J1E019020-Skripsi-2025.pdf

Download (190kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Allam Raihan Zaky-J1E019020-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Allam Raihan Zaky-J1E019020-Skripsi-2025.pdf

Download (291kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Allam Raihan Zaky-J1E019020-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 November 2026.

Download (345kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Allam Raihan Zaky-J1E019020-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 November 2026.

Download (391kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Allam Raihan Zaky-J1E019020-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 November 2026.

Download (228kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Allam Raihan Zaky-J1E019020-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (830kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Allam Raihan Zaky-J1E019020-Skripsi-2025.pdf

Download (197kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Allam Raihan Zaky-J1E019020-Skripsi-2025.pdf

Download (459kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Allam Raihan Zaky-J1E019020-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada penggunaan strategi belajar siswa di sekolah yang memiliki fasilitas terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana siswa SMK Cokroaminoto Wanadadi memiliki strategi dengan kurangnya fasilitas yang mereka alami di sekolah dalam belajar bahasa Inggris (2) untuk memahami mengapa siswa SMK Cokroaminoto Wanadadi yang kekurangan fasilitas memilih untuk menggunakan/menerapkan strategi mereka dalam belajar bahasa Inggris (3) untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan oleh siswa SMK Cokroaminoto Wanadadi diimplementasikan dalam belajar bahasa Inggris dengan fasilitas sekolah terbatas. Metode studi kasus digunakan untuk menyelidiki strategi belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Partisipan adalah siswa kelas sebelas SMK Cokroaminoto Wanadadi, yang terdiri dari delapan kelas. Data dikumpulkan melalui observasi kelas terhadap fasilitas dan kondisi pembelajaran, serta wawancara kelompok terfokus untuk memperkaya informasi tentang pengalaman belajar siswa. Dan data diolah menggunakan metode analisis deskriptif untuk memudahkan pemetaan hasil data yang diperoleh. Penelitian ini menunjukkan bahwa meski fasilitas sekolah terbatas, siswa tetap menerapkan strategi belajar bahasa Inggris seperti control (jadwal, catatan), revision (membaca ulang, menulis kosakata, latihan soal), dan motivational & emotional (mendengarkan lagu, menonton video, belajar bersama). Sebagian kecil siswa pasif tanpa strategi khusus. Motivasi mereka berasal dari kebutuhan akademik dan praktis. Strategi diwujudkan melalui catatan kosakata dan aplikasi belajar. Temuan ini menegaskan keterbatasan fasilitas tidak menghambat kemampuan bahasa Inggris bila disertai strategi tepat dan motivasi kuat, sekaligus menjadi masukan bagi guru, siswa, sekolah, dan referensi penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J25277
Uncontrolled Keywords: belajar bahasa Inggris, fasilitas terbatas, motivasi, SMK, strategi belajar
Subjects: E > E312 English language Study and teaching
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Allam Raihan Zaky
Date Deposited: 14 Nov 2025 02:03
Last Modified: 14 Nov 2025 02:03
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/38041

Actions (login required)

View Item View Item