ZAKY, Allam Raihan (2025) The Strategies of Students with Limited Supporting Facilities in Learning English (A Case Study on The Eleventh Grade Students of Smk Cokroaminoto Wanadadi Academic Year 2023/2024). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Allam Raihan Zaky-J1E019020-Skripsi-2025.pdf Download (190kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Allam Raihan Zaky-J1E019020-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Allam Raihan Zaky-J1E019020-Skripsi-2025.pdf Download (291kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB I-Allam Raihan Zaky-J1E019020-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 14 November 2026. Download (345kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB II-Allam Raihan Zaky-J1E019020-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 14 November 2026. Download (391kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB III-Allam Raihan Zaky-J1E019020-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 14 November 2026. Download (228kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Allam Raihan Zaky-J1E019020-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (830kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB V-Allam Raihan Zaky-J1E019020-Skripsi-2025.pdf Download (197kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Allam Raihan Zaky-J1E019020-Skripsi-2025.pdf Download (459kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Allam Raihan Zaky-J1E019020-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini difokuskan pada penggunaan strategi belajar siswa di sekolah yang memiliki fasilitas terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana siswa SMK Cokroaminoto Wanadadi memiliki strategi dengan kurangnya fasilitas yang mereka alami di sekolah dalam belajar bahasa Inggris (2) untuk memahami mengapa siswa SMK Cokroaminoto Wanadadi yang kekurangan fasilitas memilih untuk menggunakan/menerapkan strategi mereka dalam belajar bahasa Inggris (3) untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan oleh siswa SMK Cokroaminoto Wanadadi diimplementasikan dalam belajar bahasa Inggris dengan fasilitas sekolah terbatas. Metode studi kasus digunakan untuk menyelidiki strategi belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Partisipan adalah siswa kelas sebelas SMK Cokroaminoto Wanadadi, yang terdiri dari delapan kelas. Data dikumpulkan melalui observasi kelas terhadap fasilitas dan kondisi pembelajaran, serta wawancara kelompok terfokus untuk memperkaya informasi tentang pengalaman belajar siswa. Dan data diolah menggunakan metode analisis deskriptif untuk memudahkan pemetaan hasil data yang diperoleh. Penelitian ini menunjukkan bahwa meski fasilitas sekolah terbatas, siswa tetap menerapkan strategi belajar bahasa Inggris seperti control (jadwal, catatan), revision (membaca ulang, menulis kosakata, latihan soal), dan motivational & emotional (mendengarkan lagu, menonton video, belajar bersama). Sebagian kecil siswa pasif tanpa strategi khusus. Motivasi mereka berasal dari kebutuhan akademik dan praktis. Strategi diwujudkan melalui catatan kosakata dan aplikasi belajar. Temuan ini menegaskan keterbatasan fasilitas tidak menghambat kemampuan bahasa Inggris bila disertai strategi tepat dan motivasi kuat, sekaligus menjadi masukan bagi guru, siswa, sekolah, dan referensi penelitian selanjutnya.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | J25277 |
| Uncontrolled Keywords: | belajar bahasa Inggris, fasilitas terbatas, motivasi, SMK, strategi belajar |
| Subjects: | E > E312 English language Study and teaching |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Mr Allam Raihan Zaky |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 02:03 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 02:03 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/38041 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
