PRAHESTI, Fian (2025) Studi Kasus Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Drama pada Siswa Kelas XI-9 SMA Negeri 1 Ajibarang. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Fian Prahesti-J1D019041-Skripsi-2025.pdf Download (176kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Fian Prahesti-J1D019041-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Fian Prahesti-J1D019041-Skripsi-2025.pdf Download (293kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Fian Prahesti-J1D019041-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 19 November 2026. Download (366kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Fian Prahesti-J1D019041-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 19 November 2026. Download (506kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Fian Prahesti-J1D019041-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 19 November 2026. Download (248kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Fian Prahesti-J1D019041-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Fian Prahesti-J1D019041-Skripsi-2025.pdf Download (351kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Fian Prahesti-J1D019041-Skripsi-2025.pdf Download (306kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Fian Prahesti-J1D019041-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan secara rinci: perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dalam pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi drama di kelas XI-9 SMA Negeri 1 Ajibarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan secara mendalam dan komprehensif fenomena pembelajaran berdiferensiasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa tingkat sekolah menengah atas. Populasi dari penelitian ini adalah kelas XI SMA Negeri 1 Ajibarang dengan sampel yang terpilih yakni kelas XI-9. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif, sedangkan uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber untuk memastikan kredibilitas data. Hasil penelitian ini mendeskripsikan dan menjelaskan tiga aspek: (1) perencanaan, yang diwujudkan dalam modul ajar yang dirancang berdasarkan Capaian Pembelajaran (CP) Fase F dan strategi diferensiasi yang komprehensif; (2) pelaksanaan, yang dilakukan secara bertahap dalam delapan pertemuan terstruktur menggunakan media dan aktivitas yang beragam, mulai dari eksplorasi mandiri hingga diskusi kelompok dengan puncak rangkaian pembelajaran berupa proyek akhir pertunjukan drama; dan (3) penilaian, yang menggunakan kombinasi asesmen formatif dan sumatif. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi berhasil diimplementasikan secara efektif. Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai siswa yang mayoritas berada pada interval 80%-100% dan berada dalam kriteria tuntas yang sekaligus mengindikasikan tercapainya Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Selain itu, hal tersebut membuktikan efektivitas penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam mengakomodasi keberagaman siswa dan meningkatkan hasil belajar mereka.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | J25283 |
| Uncontrolled Keywords: | bahasa Indonesia, berdiferensiasi, drama, SMA, studi kasus |
| Subjects: | S > S774 Study and teaching |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs. Fian Prahesti |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 07:24 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 07:24 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/38174 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
