WARDHANI, Cindy Devina (2018) Analisis Konsentrasi Pasar Komoditas Salak (Salacca zalacca) di Kecamatan Turi Kabupaten Sleman Yogyakarta. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
Cover_1.pdf Download (108kB) | Preview |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) |
||
|
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf Download (225kB) | Preview |
|
PDF (BabI)
Bab I_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
PDF (BabII)
Bab II_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
||
PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
||
PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (684kB) |
||
PDF (BabV)
Bab V_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
||
|
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf Download (176kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
Abstract
Kecamatan Turi merupakan salah satu penghasil salak terbesar di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Salak memiliki karakteristik mudah rusak, dan memakan tempat. Sifat dari salak tersebut sangat berpengaruh terhadap faktor pembentukan harga, struktur, dan konsentrasi pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) saluran pemasaran salak di Kecamatan Turi, (2) lembaga pemasaran yang terlibat dalam pemasaran salak, (3) marjin pemasaran pada setiap saluran pemasaran salak, (4) struktur pasar komoditas salak pada tingkat petani dan pedagang, dan (5) nilai konsentrasi pasar salak di Kecamatan Turi. Penelitian ini menggunakan metode survei, dilaksanakan pada bulan Agustus sampai September 2017 dengan sasaran petani dan pedagang salak di Kecamatan Turi, Sleman, Yogyakarta. Penentuan responden petani menggunaann multi stage sampling dan pedagang menggunakan metode snowball sampling. Penelitian ini dianalisis dengan analisis deskriptif, market share, concentration ratio for biggest four (CR4), Herfindahl-Hirschman Index (HHI), dan Minimum Efficiency of Scale (MES). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat tiga saluran pemasaran salak di Kecamatan Turi, Saluran pemasaran ke-I terdiri atas Petani → Pengumpul → Pedagang Besar → Pengecer → Konsumen (65%). Saluran pemasaran ke-II terdiri atas Petani → Pengumpul → Pengecer → Konsumen (22,5%). Saluran pemasaran ke-III terdiri atas Petani → Pengecer → Konsumen (12,5%). (2) Lembaga pemasaran yang terlibat dalam pemasaran salak di Kecamatan Turi yaitu pedagang pengumpul, pedagang besar/supplier, dan pedagang pengecer. (3) Marjin pemasaran pada masing-masing saluran yaitu pada saluran ke-I sebesar Rp6.208,00/kg, saluran ke-II sebesar Rp4.207,00/kg, dan saluran ke-III sebesar Rp2.375,00/kg. (4) Struktur pasar pada tingkat petani dari sisi pembeli yaitu pasar oligopsoni, pada tingkat pedagang pengumpul dari sisi pembeli yaitu pasar oligopsoni, pada tingkat pedagang besar dari sisi pembeli yaitu oligopsoni, serta pada tingkat pedagang pengecer dari sisi penjual merupakan pasar oligopoli. Nilai HHI menunjukan hasil sebesar 0,07, dengan demikian menurut hasil analisis HHI pada tingkat keseluruhan pedagang merupakan pasar oligopsoni. (5) Nilai MES sebesar 10,4 persen, maka dapat dikatakan konsentrasi dan hambatan masuk pasar komoditas salak di Kecamatan Turi tinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | A18053 |
Uncontrolled Keywords: | Pasar, Komoditas, Salak |
Subjects: | C > C619 Commodations F > F407 Fruit M > M83 Markets |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Agribisnis |
Depositing User: | Users 21 not found. |
Date Deposited: | 11 Aug 2020 04:18 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 08:33 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/3869 |
Actions (login required)
View Item |