Atribut-atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembeliansayuran organik dan faktor internal yang mempengaruhinya (Studi Kasus: Konsumen Sayuran Organik di Supermarket Kota Bekasi)

HARSHA, Tammi Kadifa (2017) Atribut-atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembeliansayuran organik dan faktor internal yang mempengaruhinya (Studi Kasus: Konsumen Sayuran Organik di Supermarket Kota Bekasi). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (15kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (53kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (BabV)
Bab v_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Pertanian organik adalah teknik budidaya pertanian yang mengandalkan bahan-bahan yang alami tanpa menggunakan bahan-bahan kimia sintesis. Salah satu produk pertanian organik adalah sayuran organik.Kebutuhan sayuran organik terus meningkat setiap tahunnya membuat produsen sayuran organik bersaing untuk menguasai pasar. Agar dapat menguasai pasar, produsen harus mengetahui selera konsumen dalam memilih sayuran organik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui atribut-atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian sayuran organik, dan mengetahui faktor internal yang mempengaruhi dalam keputusan pembelian sayuran organik di Kota Bekasi. Penelitian dilaksanakan di Supermarket Hypermart, Farmers Market, Carefour, dan Giant Kota Bekasi. Hipotesis atribut produk yang diajukan pada penelitian ini adalah proporsi jawaban Ya pada atribut harga, kemasan, kesegaran, kebersihan dan kesehatan dalam keputusan pembelian sayuran organik dianggap sama. Sedangkan hipotesis faktor-faktor internal yang mempengaruhi konsumen pada penelitian ini adalah usia, tingkat pendidikan, pendapatan dan jumlah anggota keluarga berpengaruh terhadap keputusan pembelian sayuran organik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei, sedangkan metode penentuan sampel menggunakan accidental sampling dengan responden sebesar 100 orang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni hingga Juli 2016. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Cochran Q Test, analisis Conjoint, dan analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut yang dipertimbangkan dan disukai konsumen dalam keputusan pembelian sayuran organik secara berurutan yaitu atribut kesegaran, kemasan sayuran organik yang menggunakan plastik, dan kesehatan yang sangat baik. Faktor interal yang mempengaruhi dalam keputusan pembelian sayuran organik adalah faktor usia, pendidikan terakhir (formal), dan pendapatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A17042
Subjects: A > A128 Agricultural
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Mr Rohmadi Rohmadi
Date Deposited: 24 Oct 2018 04:33
Last Modified: 13 Jan 2020 06:42
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/443

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year