RISTIYANI, Ristiyani (2018) Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Purwokerto (SMP N 6 Purwokerto). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
Cover_1.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
|
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf Download (149kB) |
|
PDF (BabI)
BabI_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
|
PDF (BabII)
BabII_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) |
|
PDF (BabIII)
BabIII_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) |
|
PDF (BabIV)
BabIV_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) |
|
PDF (BabV)
BabV_1.pdf Download (94kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DaftarPustaka_1.pdf Download (98kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen Murni (True Experiment) dengan desain penelitian Control Group Posttest Only Design. Penelitian ini mengambil judul “Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Purwokerto (SMP N 6 Purwokerto)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap hasil belajar IPS. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP N 6 Purwokerto. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas VIII D sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 siswa dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap hasil belajar IPS kelas VIII di SMP N 6 Purwokerto. Hasil belajar IPS lebih tinggi menggunakan metode mind mapping dari pada menggunakan metode ceramah. Hasil analisis data dengan menggunakan Microsoft Excel dan software SPSS 16 for windows menunjukkan rata-rata nilai yang diperoleh kelas eksperimen yaitu 80,2 sementara kelas kontrol sebesar 72,4. Metode pembelajaran mind mapping berpengaruh efektif terhadap hasil belajar siswa. Pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar ditandai dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 3,958 > 1,980 dan rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 80,2 > 72,4. Implikasi dari penelitian ini yaitu dalam upaya meningkatkan hasil belajar IPS, pihak guru diharapkan mengaplikasikan penggunaan metode mind mapping dalam pembelajaran IPS untuk dapat meningkatkan hasil belajar dan diharapkan dapat menyediakan alat dan bahan yang cukup untuk pembuatan mind map.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C18064 |
Uncontrolled Keywords: | Mind Mapping, Hasil Belajar IPS |
Subjects: | C > C716 Concept learning M > M51 Maps |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Endang Kasworini |
Date Deposited: | 24 Jul 2020 02:18 |
Last Modified: | 24 Jul 2020 02:18 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/4550 |
Actions (login required)
View Item |