QISTI, Hasna Nauri (2018) Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Time Token pada Siswa SMP Negeri 5 Purwokerto Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
Cover_1.pdf Download (141kB) |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (518kB) |
|
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf Download (232kB) |
|
PDF (BabI)
BabI_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
|
PDF (BabII)
BabII_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
|
PDF (BabIII)
BabIII_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) |
|
PDF (BabIV)
BabIV_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) |
|
PDF (BabV)
BabV_1.pdf Download (122kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DaftarPustaka_1.pdf Download (120kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Negeri 5 Purwokerto. Penelitian ini mengambil judul “Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Time Token pada Siswa SMP Negeri 5 Purwokerto Tahun Ajaran 2017/2018.” Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran Time Token pada siswa SMP Negeri 5 Purwokerto tahun ajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII D yang berjumlah 35 siswa dengan 20 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Pengambilan subjek pada penelitian ini menggunakan purposive sampling karena adanya pertimbangan tertentu yaitu rekomendasi guru kelas VIII SMP Negeri 5 Purwokerto dengan alasan kelas VIII D memiliki nilai ulangan harian yang rendah. Berdasarkan penelitian dan analisis data, menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan ketuntasan belajar siswa ranah kognitif yang diperoleh melalui post test dari siklus I siswa yang tuntas KKM sebanyak 25 siswa dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 71,43% menjadi 28 siswa yang tuntas KKM dengan pesentase ketuntasan belajar sebesar 80,00% pada siklus II. (2) Peningkatan presentase siswa yang memperoleh nilai dengan kriteria minimal baik yang diperoleh melalui angket pada ranah afektif dari siklus I yang mendapat nilai kriteria minimal baik sebanyak 28 siswa dengan presentase sebesar 80,00% menjadi 30 siswa yang mendapat nilai kriteria minimal baik dengan presentase sebesar 85,71% pada siklus II. (3) Peningkatan presentase siswa yang memperoleh nilai dengan kriteria minimal baik yang diperoleh melalui angket psikomotorik dari siklus I yang mendapat nilai kriteria minimal baik sebanyak 24 siswa dengan presentase sebesar 68,57% menjadi 29 siswa yang mendapat nilai kriteria minimal baik dengan presentase sebesar 82,86% pada siklus II. Implikasi dari kesimpulan di atas yaitu sekolah dapat memanfaatkan hasil penelitian sebagai bahan pertimbangan atau sumber informasi untuk meningkatkan mutu pendidikan yang terkait dengan hasil belajar siswa. Guru sebaiknya menerapkan model pembelajaran yang lebih variatif agar hasil belajar siswa tidak lagi rendah. Saat mengikuti proses pembelajaran siswa harus lebih aktif dan percaya diri dalam bertanya maupun mengungkapkan pendapatnya
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C18073 |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Time Token, Hasil Belajar Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik. |
Subjects: | C > C716 Concept learning |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Endang Kasworini |
Date Deposited: | 24 Jul 2020 02:07 |
Last Modified: | 24 Jul 2020 02:07 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/4585 |
Actions (login required)
View Item |