YOLANDA, Virekha (2020) Kepuasan konsumen terhadap produk keripik salak pada UMKM Salak Cristal di Kecamatan Turi Kabupaten Sleman Yogyakarta. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Virekha Yolanda-A1A116025-Skripsi-2020.pdf Download (142kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Virekha Yolanda-A1A116025-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (586kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Virekha Yolanda-A1A116025-Skripsi-2020.pdf Download (440kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-II-Virekha Yolanda-A1A116025-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (827kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Virekha Yolanda-A1A116025-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (827kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Virekha Yolanda-A1A116025-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (757kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Virekha Yolanda-A1A116025-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Virekha Yolanda-A1A116025-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Virekha Yolanda-A1A116025-Skripsi-2020.pdf Download (551kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Virekha Yolanda-A1A116025-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) |
Abstract
UMKM Salak Cristal merupakan agroindustri yang bergerak pada pengolahan salak menjadi aneka produk olahan salak. UMKM Salak Cristal telah melakukan penjualan secara offline dan online, akan tetapi belum memperhatikan konsumen serta strategi pemasaran. UMKM Salak Cristal bukanlah satu-satunya produsen pengolah salak di Sleman. Hal tersebut, membuat UMKM Salak Cristal membutuhkan informasi kepuasan konsumen untuk menyusun strategi pemasaran yang tepat agar mengetahui perubahan kebutuhan konsumen dan mencapai kepuasan konsumen. Oleh karena itu, peneliti perlu menganalisis kepuasan konsumen untuk membantu UMKM Salak Cristal dalam menyusun strategi pemasaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis karakteristik konsumen keripik salak pada UMKM Salak Cristal di Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta; 2) Menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap produk keripik salak pada UMKM Salak Cristal di Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta; 3) Menganalisis strategi pemasaran yang dapat dilakukan UMKM Salak Cristal di Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Metode analisis data yang digunakan adalah Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Karakteristik konsumen keripik salak UMKM Salak Cristal yaitu masyarakat yang berdomisili di Yogyakarta dan wisatawan, berjenis kelamin perempuan, berusia 38-47 tahun, memiliki pendidikan akhir sarjana, memiliki pekerjaan pegawai swasta, dan memiliki pendapatan di atas UMK Yogyakarta 2019, 2) Nilai tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut produk keripik salak UMKM Salak Cristal yaitu berada pada kriteria puas, 3) Hasil segmenting yang dapat menjadi target pasar UMKM Salak Cristal adalah kelompok konsumen berpendapatan menengah ke atas yang berdomisili di Yogyakarta atau wisatawan, dengan kebutuhan membeli produk untuk oleh-oleh. Strategi yang dapat diterapkan yaitu memperbaiki beberapa atribut yang harus ditingkatkan yaitu variasi rasa, penjualan online, promosi online, lokasi toko, seragam karyawan, kerapian karyawan, proses pembayaran, display sesuai jumlah produk, dan label harga produk.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | A20099 |
Uncontrolled Keywords: | Atribut produk, keripik salak, kinerja, kepuasan konsumen, strategi pemasaran, industri kecil |
Subjects: | C > C793 Consumers F > F61 Farm produce M > M80 Marketing S > S399 Small business |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
Depositing User: | Mrs Virekha Yolanda |
Date Deposited: | 13 Aug 2020 02:43 |
Last Modified: | 13 Aug 2020 02:43 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/4903 |
Actions (login required)
View Item |