PAMUNGKAS, Guntur Tri (2018) Pengaruh Pelayanan, Pengetahuan, Kesadaran, dan Modernisasi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak PPH Badan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cilacap. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
Cover-Guntur-C1C013132.pdf Download (114kB) |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas-Guntur-C1C013132.pdf Restricted to Repository staff only Download (679kB) |
|
PDF (Abstrak)
Abstrak-Guntur-C1C013132.pdf Download (155kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Guntur-C1C013132.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Guntur-C1C013132.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Guntur-C1C013132.pdf Restricted to Repository staff only Download (734kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Guntur-C1C013132.pdf Restricted to Repository staff only Download (646kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Guntur-C1C013132.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka-Guntur-C1C013132.pdf Download (171kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-Guntur-C1C013132.pdf Restricted to Repository staff only Download (902kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan judul “Pengaruh Pelayanan, Pengetahuan, Kesadaran, dan Modernisasi terhadap Kepatuhan Wajib Pajak PPh Badan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cilacap.” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pelayanan Fiskus, Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, dan Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak PPh Badan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Wajib Pajak PPh Badan yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cilacap menggunakan simple random sampling. Hasil Penelitian dan analisis pengujian menggunakan SPSS 24 for windows menunjukkan bahwa secara simultan variabel Pelayanan Fiskus, Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, dan Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak PPh Badan. Secara parsial, hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Pelayanan Fiskus, Pengetahuan Perpajakan, dan Kesadaran Wajib Pajak berpengaruh secara signifikan terhadap terhadap Kepatuhan Wajib Pajak PPh Badan, sedangkan variabel Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan tidak signifikan berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak PPh Badan. Implikasi dari hasil penelitian yaitu: (1) Variabel pelayanan fiskus berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Maka dapat disarankan supaya petugas meningkatkan kualitas proses pelayanan untuk melayani Wajib Pajak dengan cara menambah komputer dan memberikan pelayanan yang ramah kepada Wajib Pajak; (2) Kepatuhan Wajib Pajak dalam memenuhi kewajiban membayar pajak tergantung pada tingkat pengetahuan Wajib Pajak atas perpajakan. Untuk pemahaman terhadap Wajib Pajak dapat disarankan untuk melakukan penyuluhan atau sosialisasi yang lebih intensif tentang tata cara perpajakan untuk badan yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku; (3) Kesadaran Wajib Pajak akan penundaan pembayaran pajak dan pengurangan beban pajak pajak berdampak pada kurangnya sumberdaya finansial yang dapat mengakibatkan terhambatnya pembangunan negara. Supaya Wajib Pajak memiliki kepatuhan untuk membayar pajak dapat disarankan agar Wajib Pajak memiliki kesadaran akan pentingnya pajak karena sudah memahami tata cara perpajakan yang benar sesuai aturan yang berlaku; (4) Prosedur administrasi pajak meliputi tahap pendaftaran Wajib Pajak, pembayaran pajak, pelaporan pajak, penetapan pajak, dan penagihan pajak. Perlu adanya koordinasi dan kerjasama antara petugas dalam suatu organisasi supaya menghasilkan sistem administrasi yang baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C18338 |
Subjects: | C > C432 Civil service T > T30 Tax assessment |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Endang Kasworini |
Date Deposited: | 14 Aug 2020 07:04 |
Last Modified: | 14 Aug 2020 07:04 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/4975 |
Actions (login required)
View Item |