NINGRUM, Meylita Setiya (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Flash Card terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VII SMP Cokroaminoto Banjarmangu. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Meylita Setiya Ningrum-C1L016028-Skripsi-2020.pdf Download (228kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Meylita Setiya Ningrum-C1L016028-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (754kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Meylita Setiya Ningrum-C1L016028-Skripsi-2020.pdf Download (289kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Meylita Setiya Ningrum-C1L016028-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (448kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Meylita Setiya Ningrum-C1L016028-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (548kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Meylita Setiya Ningrum-C1L016028-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (562kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Meylita Setiya Ningrum-C1L016028-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (612kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Meylita Setiya Ningrum-C1L016028-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Meylita Setiya Ningrum-C1L016028-Skripsi-2020.pdf Download (288kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Meylita Setiya Ningrum-C1L016028-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (952kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Flash Card terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VII SMP Cokroaminoto Banjarmangu” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS antara model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan flash card. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Cokroaminoto Banjarmangu pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VII. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik sampling jenuh, sehingga yang menjadi sampel adalah seluruh kelas VII yang meliputi VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan uji t independent sample test. Hasil penelitian menunjukkan “terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan flash card”. Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan flash card memiliki nilai yang lebih baik dibanding dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil belajar yang diteliti meliputi 3 aspek yaitu: aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotor. Berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa implikasi diantaranya yaitu : (1) Pihak sekolah sebaiknya lebih memperhatikan fasilitas yang mampu mendukung proses pembelajaran, seperti menyediakan media pembelajaran berupa flash card. (2) Pihak sekolah sebaiknya mengadakan workshop untuk para guru terkait penggunaan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif. (3) Guru diharapkan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe scramble pada mata pelajaran IPS serta mata pelajaran lainnya. (4) Guru diharapkan menggunakan media pembelajaran berupa flash card pada mata pelajaran IPS serta mata pelajaran lainnya. (5) Model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan flash card akan meningkatan hasil belajar siswa yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. (6) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan mampu meneliti model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan flash card pada mata pelajaran yang lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C20123 |
Uncontrolled Keywords: | Scramble, Flash Card, Hasil Belajar, Model Pembelajaran |
Subjects: | A > A19 Academic achievement S > S774 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Meylita Setiya Ningrum |
Date Deposited: | 12 Oct 2020 08:43 |
Last Modified: | 12 Oct 2020 08:43 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/5692 |
Actions (login required)
View Item |