Analisis Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Aktivasi Layanan Kefarmasian di Puskesmas Sumpiuh I Kabupaten Banyumas Tahun 2016

NASYIF, Muhammad Furqon (2017) Analisis Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Aktivasi Layanan Kefarmasian di Puskesmas Sumpiuh I Kabupaten Banyumas Tahun 2016. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Muhammad Furqon Nasyif-G1F009067-Skripsi-2018_1.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Muhammad Furqon Nasyif-G1F009067-Skripsi-2018_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Muhammad Furqon Nasyif-G1F009067-Skripsi-2018_1.pdf

Download (152kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Muhammad Furqon Nasyif-G1F009067-Skripsi-2018_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Muhammad Furqon Nasyif-G1F009067-Skripsi-2018_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Muhammad Furqon Nasyif-G1F009067-Skripsi-2018_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Muhammad Furqon Nasyif-G1F009067-Skripsi-2018_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Muhammad Furqon Nasyif-G1F009067-Skripsi-2018_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Muhammad Furqon Nasyif-G1F009067-Skripsi-2018_1.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Muhammad Furqon Nasyif-G1F009067-Skripsi-2018_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)

Abstract

Kepuasan pasien terhadap layanan kefarmasian menjadi salah satu bentuk evaluasi kinerja pelayanan yang sangat penting. Kepuasan didapatkan apabila kenyataan sama dengan atau lebih dari harapan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kenyataan, tingkat harapan dan tingkat kepuasan pasien terhadap layanan kefarmasian yang diberikan oleh apoteker kepada pasien di Puskesmas Sumpiuh I Kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan cross sectional menggunakan kuesioner. Jumlah responden terdiri atas 100 pasien yang mendapatkan pelayanan kefarmasian di Puskesmas Sumpiuh I Kabupaten Banyumas dan dilakukan secara accidental sampling. Seluruh item instrument penelitian dinyatakan valid dan reliabel berdasarkan perhitungan uji validitas korelasi Pearsondan uji reliabilitas Alpha Cronbach. Data yang diperoleh dihitung rata-rata untuk mengetahui tingkat kenyataan dan tingkat harapan pasien. Analisis tingkat kepuasan pasien dilakukan dengan membandingkan kenyataan dan harapan diukur menggunakan analisis gap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat harapan pasien terhadap layanan kefarmasian oleh apoteker sebesar termasuk dalam kategori tinggi dan tingkat kenyataan pelayanan oleh apoteker sebesar termasuk dalam kategori tinggi. Analisis gap pada semua item menunjukkan nilai positifdengan nilai gap rata-rata termasuk dalam klasifikasi cukup puas. Gap bernilai positif artinya pasien telah merasa puas terhadap layanan kefarmasian di apotek dengan tingkat kepuasan yakni cukup puas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: G18179
Uncontrolled Keywords: Tingkat kepuasan, harapan, kenyataan ,layanan kefarmasian,Puskesmas Sumpiuh I Kabupaten Banyumas.
Subjects: C > C1020 Customer services
H > H55 Health facilities
P > P103 Patients
Divisions: Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Farmasi
Depositing User: Mrs Rahma Siwi Utami
Date Deposited: 02 Dec 2020 08:21
Last Modified: 02 Dec 2020 08:21
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/6724

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year