Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Fasilitas Belajar dan Lingkungan Masyarakat terhadap Hasil Belajar dengan Minat Belajar sebagai Variabel Intervening pada Siswa Kelas X IPS MA El-Bayan Majenang

MANSHUR, Rifqi Fathoni (2020) Pengaruh Fasilitas Belajar dan Lingkungan Masyarakat terhadap Hasil Belajar dengan Minat Belajar sebagai Variabel Intervening pada Siswa Kelas X IPS MA El-Bayan Majenang. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Rifqi Fathoni M-C1L016033-Skripsi-2020.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Rifqi Fathoni M-C1L016033-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (920kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rifqi Fathoni M-C1L016033-Skripsi-2020.pdf

Download (242kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Rifqi Fathoni M-C1L016033-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Rifqi Fathoni M-C1L016033-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Rifqi Fathoni M-C1L016033-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Rifqi Fathoni M-C1L016033-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (976kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Rifqi Fathoni M-C1L016033-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Rifqi Fathoni M-C1L016033-Skripsi-2020.pdf

Download (467kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Rifqi Fathoni M-C1L016033-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif pada kelas X IPS MA EL-Bayan Majenang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS MA El-Bayan Majenang; (2) Pengaruh lingkungan masyarakat terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS MA El-Bayan Majenang; (3) Pengaruh fasilitas belajar terhadap minat belajar siswa kelas X IPS MA El-Bayan Majenang; (4) Pengaruh lingkungan masyarakat terhadap minat belajar siswa kelas X IPS MA El-Bayan Majenang; (5) Pengaruh minnat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS MA El-Bayan Majenang; (6) Pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa yang dimediasi oleh minat belajar siswa kelas X IPS MA El-Bayan Majenang; (7) Pengaruh lingkungan masyarakat terhadap hasil belajar siswa yang dimediasi oleh minat belajar siswa kelas X IPS MA El-Bayan Majenang. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS MA El Bayan Majenang. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 97 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda, Uji Kausal Step dan Uji Sobel. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menggunakan SPSS 18 menunjukkan bahwa: (1) Fasilitas belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar Siswa kelas X IPS MA El-Bayan; (2) Lingkungan masyarakat berpengaruh positif terhadap hasil belajar Siswa kelas X IPS MA El-Bayan Majenang; (3) Minat belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar Siswa kelas X IPS MA El-Bayan Majenang; (4) Fasilitas belajar berpengaruh positif terhadap minat belajar Siswa kelas X IPS MA El-Bayan Majenang; (5) Lingkungan masyarakat berpengaruh positif terhadap minat belajar Siswa kelas X IPS MA El-Bayan Majenang; (6) Minat belajar memediasi pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS MA El-Bayan Majenang; (7) Minat belajar memediasi pengaruh lingkungan masyarakat terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS MA El-Bayan Majenang. Implikasi dari penelitian ini ialah dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas X IPS MA El-Bayan Majenang, hal pertama yang dapat dilakukan dengan meningkatkan meningkatkan kualitas maupun kuantitas fasilitas belajar yang dimiliki oleh sekolah. Hal tersebut bertujuan agar dalam berlangsungnya proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik, serta dalam proses pencapaian tujuan pembelajaran dapat berjalan lebih efektif. Upaya kedua yaitu dengan mengajak kerjasama masyarakat sekitar siswa dalam kepentingannya mendukung proses pendidikan siswa. Hal ini bertujuan agar masyarakat sadar akan perannya dalam pendidikan juga terlibat, sebagaimana tri pusat pendidikan menjelaskan bahwa masyarakat juga turut berperan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C20184
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Belajar, Lingkungan Masyarakat, Minat Belajar, Hasil Belajar
Subjects: C > C716 Concept learning
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Rifqi Fathoni Manshur
Date Deposited: 22 Dec 2020 01:10
Last Modified: 22 Dec 2020 01:10
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/6878

Actions (login required)

View Item View Item