ZULFARIZKI, Nafisa (2021) Komunikasi Guru dalam Membangun Kecerdasan Emosional pada Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Petir Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Nafisa Zulfarizki-F1C016068-Skripsi-2021.pdf Download (211kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nafisa Zulfarizki-F1C016068-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (983kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nafisa Zulfarizki-F1C016068-Skripsi-2021.pdf Download (318kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Nafisa Zulfarizki-F1C016068-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Nafisa Zulfarizki-F1C016068-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (534kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Nafisa Zulfarizki-F1C016068-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (533kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Nafisa Zulfarizki-F1C016068-Skripsi-2021-compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (779kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Nafisa Zulfarizki-F1C016068-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nafisa Zulfarizki-F1C016068-Skripsi-2021.pdf Download (436kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nafisa Zulfarizki-F1C016068-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (562kB) |
Abstract
Kecerdasan emosional berperan penting dalam menunjang masa depan manusia. Melalui pendidikan diharapkan dapat menciptakan kecerdasan emosional yang baik bagi setiap orang. Adanya permasalahan secara emosional yang sering terjadi di SD Negeri 1 Petir Kabupaten Banyumas membuat peneliti ingin meneliti bagaimana komunikasi guru dalam membangun kecerdasan emosional pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Petir Kabupaten Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses komunikasi guru dengan siswa kelas VI SD Negeri 1 Petir Kabupaten Banyumas khususnya dalam komunikasi instruksional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Sasaran penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas VI SD Negeri 1 Petir Kabupaten Banyumas. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa membangun kecerdasan emosional pada siswa kelas VI melalui komunikasi instruksional, guru yang mengajar kelas VI SD Negeri 1 Petir Kabupaten Banyumas telah melakukan proses pembelajaran secara online dengan baik. Dalam proses membangun kecerdasan emosional melalui komunikasi instruksional terdapat 3 (tiga) tahapan. Ketiga tahapan tersebut yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Pada tahap perencanaan, guru menyusun kurikulum dan menggunakan media sebagai persiapan proses pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan terjadi komunikasi intrapersonal, komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi verbal dan nonverbal. Pada tahap evaluasi, hasil pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru berdampak positif pada siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F21029 |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Instruksional, Kecerdasan Emosional, Guru, Siswa |
Subjects: | A > A19 Academic achievement C > C631 Communication S > S769 Students T > T41 Teachers |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mrs Nafisa Zulfarizki |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 02:56 |
Last Modified: | 09 Feb 2021 02:56 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/7617 |
Actions (login required)
View Item |