QOLBIHI, M. Asip (2021) Pengaruh Iklan Politik Televisi Terhadap Keputusan Memilih Masyarakat dalam Pemilihan Presiden 2019 (Studi Kasus pada Masyarakat Kelurahan Teluk, Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-M. Asip qolbihi-F1D016038-skripsi-2021.pdf Download (478kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-M. Asip qolbihi-F1D016038-skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (517kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-M. Asip qolbihi-F1D016038-skripsi-2021.pdf Download (410kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-M. Asip qolbihi-F1D016038-skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (568kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-M. Asip qolbihi-F1D016038-skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-M. Asip qolbihi-F1D016038-skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (662kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-M. Asip qolbihi-F1D016038-skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (742kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-M. Asip qolbihi-F1D016038-skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR-PUSTAKA-M. Asip qolbihi-F1D016038-skripsi-2021.pdf Download (419kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-M. Asip qolbihi-F1D016038-skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (618kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Iklan Politik Televisi Terhadap Keputusan Memilih Masyarakat dalam Pemilihan Presiden 2019 (Studi Kasus pada Masyarakat Kelurahan Teluk, Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas)”. Penelitian ini populasinya adalah warga Kelurahan Teluk yang memiliki hak pilih pada pemilu 2019. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh iklan politik televisi terhadap keputusan memilih masyarakat dalam Pemilihan Presiden 2019. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik multistage random sampling. Jumlah sampel yang diambil adalah 102 responden. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara memberikan kuesioner kepada responden, mengumpulkan dokumen pendukung, dan melakukan observasi daerah penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (normalitas dan linearitas), analisis korelasi Pearson, dan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan perangkat lunak IBM SPSS Statistics 26. Penelitian ini didasarkan pada Advertising Exposure Theory dan model AIDA untuk mengetahui apakah tayangan iklan politik di televisi dapat mempengaruhi keputusan memilih masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan politik televisi berpengaruh terhadap keputusan memilih masyarakat, dalam hal ini penduduk yang tinggal di Kelurahan Teluk, Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas berkaitan dengan pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2019. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji statistik atas data penelitian yang diperoleh sebelumnya. Berdasarkan hasil uji korelasi pearson menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel X dan Variabel Y dengan nilai 0,521 dan memiliki derajat keeratan hubungan sedang. Berdasarkan uji regresi sederhana. Hasil model summary menunjukkan nilai koefisien determinasi sebesar 0,271 yang berarti pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 27,1% dengan sisanya sebesar 72,9% keputusan memilih masyarakat dipengaruhi oleh hal lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kemudian berdasarkan output coefficients rumus regresi untuk hasil penelitian ini yaitu Y=2,855+0,185X. Mengandung arti bahwa setiap penambahan 1% nilai variabel iklan politik televisi, maka nilai keputusan memilih masyarakat bertambah sebesar 0,185. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah benar terdapat pengaruh dari iklan politik televisi terhadap keputusan memilih masyarakat. Sehingga implikasi teoretis penelitian mendukung Advertising Exposure Theory yang menyatakan bahwa apabila individu terkena terpaan iklan, maka akan tercipta perasaan dan sikap tertentu terhadap produk dalam iklan, yang kemudian menggerakkan individu tersebut untuk memilih produk yang ditawarkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F21011 |
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Iklan Politik, Keputusan Memilih. |
Subjects: | D > D63 Decision making P > P402 Politics T > T95 Television advertising |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Politik |
Depositing User: | Mr M. Asip Qolbihi |
Date Deposited: | 15 Feb 2021 02:38 |
Last Modified: | 15 Feb 2021 02:38 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/7795 |
Actions (login required)
View Item |