Analisa Quality of Service (aqs) Triple Play Indihomepada Layanan Data dan Video di PT. Telekomunikasi Indonesia, TBK Witel Purwokerto

RIFANI, Alfa Gani (2018) Analisa Quality of Service (aqs) Triple Play Indihomepada Layanan Data dan Video di PT. Telekomunikasi Indonesia, TBK Witel Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (124kB)
[img] PDF (BabI)
BabI_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (BabII)
BabII_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB)
[img] PDF (BabIII)
BabIII_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] PDF (BabIV)
BabIV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BabV_1.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DaftarPustaka_1.pdf

Download (97kB)

Abstract

Quality of Service (QoS) merupakan metode pengukuran tentang seberapa baik jaringan dan merupakan suatu usaha mendefinisikan karakteristik dan sifat dari satu servis. QoS dirancang untuk membantu end user (client) dalam usaha untuk mendapatkan informasi yang cepat, handal dari aplikasi-aplikasi berbasis jaringan. Dalam penelitian ini dilakukan pengukuran dan analisa terhadap 6 parameter QoS yaitu Latency (Delay), Jitter, Packet Loss, Throughput, Mean Opinion Score (MOS), dan Echo Cancellation pada layanan data dan layanan video Triple Play IndiHome dari PT. TELKOM, Tbk. Pengambilan data dilakukan pada sisi pelanggan dengan menggunakan software Wireshark untuk mengetahui kejadian yang terjadi pada saat melakukan interaksi dengan internet dan menangkap paket-paket data atau informasi yang banyak yang melewati jaringan tersebut. Selanjutnya nilai-nilai pengukuran yang diperoleh dianalisa sesuai dengan standar dari Telecommunication and Internet Protocol Harmonization Over Network (TIPHON). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata parameter QoS terukur untuk layanan data memiliki kategori Sangat Bagus dengan nilai masingmasing parameter yaitu Throughput 32514.41%, Delay atau Latency 10.49385ms, Packet Loss 0%, Jitter 0ms, Mean Opinion Score (MOS) 5, Echo Cancellation 5. Sedangkan untuk layanan video memiliki kategori Bagus dengan nilai masingmasing parameter yaitu Throughput 76.525%, Delay atau Latency 18.437ms, Packet Loss 5.06%, Jitter 1.034%, Mean Opinion Score (MOS) 3, Echo Cancellation 3.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H18024
Uncontrolled Keywords: Quality of Service (QoS), Wireshark, Triple Play, IndiHome, TIPHON
Subjects: C > C652 Community services
Q > Q2 Quality control
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Endang Kasworini
Date Deposited: 26 Feb 2021 07:23
Last Modified: 26 Feb 2021 07:23
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/8661

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year