SILALAHI, Satriana Lintang (2018) Semiotika Komunikasi Visual pada Iklan Pilkada DKI Jakarta 2017 Putaran Kedua di Akun Instagram @Ahokdjarot dan @Jakartamajubersama. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER SATRIANA LINTANG F1C013034_1.pdf Download (215kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS SATRIANA LINTANG F1C013034_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (797kB) |
|
PDF (Asbtrak)
ABSTRAK SATRIANA LINTANG F1C013034_1.pdf Download (356kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I SATRIANA LINTANG F1C013034_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II SATRIANA LINTANG F1C013034_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III SATRIANA LINTANG F1C013034_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV SATRIANA LINTANG F1C013034_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V SATRIANA LINTANG F1C013034_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA SATRIANA LINTANG F1C013034_1.pdf Download (304kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Semiotika Komunikasi Visual Iklan Pilkada Dki Jakarta 2017 Putaran Kedua Pada Akun Instagram @Ahokdjarot dan @Jakartamajubersama”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna denotasi, konotasi, dan mitos pada iklan kampanye kedua pasang kandidat Pilkada DKI Jakarta 2017 Putaran Kedua, yaitu pada akun instagram @ahokdjarot dan @jakartamajubersama. Instagram menjadi salah satu platform media sosial populer yang digunakan dalam menyebarkan dan membentuk citra dari kedua pasang kandidat, yang kemudian makna tersebut dikonstruksi masyarakat sebagai informasi dalam menentukan pilihan. Metode penelitian menggunakan semiotika komunikasi visual, dengan menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah deskripsi makna iklan kampanye dalam bentuk teks dan foto yang diunggah akun instagram @ahokdjarot dan @jakartamajubersama kedua calon pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017 Putaran Kedua. Ahok dan Djarot menyajikan iklan yang menggambarkan pemimpin yang inovatif dan kreatif, saling bersinergi, melayani siapapun, mendukung prestasi, serta transparan. Sedangkan Anies dan Sandi menyajikan iklan yang menggambarkan pemimpin yang mengutamakan kearifan lokal, kepentingan bersama, sederhana, setia, dapat dipercaya, jujur dan adil, intelektualitas tinggi, lembut, dan pembawa damai.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F18039 |
Uncontrolled Keywords: | Iklan Kampanye, Semiotika Komunikasi Visual, Instagram |
Subjects: | A > A74 Advertising C > C634 Communication Mass media Telecommunication S > S210 Semiotics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Users 1041 not found. |
Date Deposited: | 01 Mar 2021 04:49 |
Last Modified: | 01 Mar 2021 04:49 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/8986 |
Actions (login required)
View Item |