Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Desain Strategi Pemasaran Hijau (Green Marketing) Objek Wisata Hutan Pinus Limpakuwus, Kabupaten Banyumas

UTAMI, Alya Nindityas (2021) Desain Strategi Pemasaran Hijau (Green Marketing) Objek Wisata Hutan Pinus Limpakuwus, Kabupaten Banyumas. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Alya Nindityas Utami-P2A019008-Tesis-2021.pdf

Download (169kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Alya Nindityas Utami-P2A019008-Tesis-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (886kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Alya Nindityas Utami-P2A019008-Tesis-2021.pdf

Download (248kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Alya Nindityas Utami-P2A019008-Tesis-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Alya Nindityas Utami-P2A019008-Tesis-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Alya Nindityas Utami-P2A019008-Tesis-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Alya Nindityas Utami-P2A019008-Tesis-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (878kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Alya Nindityas Utami-P2A019008-Tesis-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Alya Nindityas Utami-P2A019008-Tesis-2021.pdf

Download (226kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Alya Nindityas Utami-P2A019008-Tesis-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)

Abstract

Industri pariwisata dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dan perekonomian negara, namun sekaligus bisa berpotensi merusak sumber daya alam dan lingkungan karena pengelolaannya yang kurang memperhatikan aspek lingkungan. Salah satu objek wisata yang tergolong masih baru dan memiliki potensi besar untuk dikembangkan di Kabupaten Banyumas adalah Wisata Alam Hutan Pinus Limpakuwus (HPL). Kawasan wisata alam harus dipertahankan kelestarian lingkungan dan kebersihannya dengan menerapkan konsep pembangunan berwawasan lingkungan. Pembangunan berwawasan lingkungan dalam konteks pariwisata bisa diwujudkan dengan green tourism. Salah satu cara untuk menerapkan green tourism yaitu dengan menciptakan strategi pemasaran hijau (Green Marketing). Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengidentifikasi potensi dan daya tarik objek wisata yang dapat dikembangkan di Wisata Alam HPL, (2) Mengidentifikasi persepsi wisatawan terhadap kondisi Wisata Alam HPL, (3) Menganalisis bauran pemasaran 7P di Wisata Alam HPL, (4) Merumuskan taktik pemasaran hijau dengan metode STP di Wisata Alam HPL, dan (5) Menganalisis prioritas strategi pemasaran hijau menurut para pemangku kepentingan untuk Wisata Alam HPL. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif (mix-method). Pengambilan data dilakukan dengan observasi dan wawancara kepada pengelola wisata, pemangku kepentingan terkait, dan wisatawan. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif, bauran pemasaran 7P, taktik pemasaran STP, dan Metode Perbandingan Eksponensial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Wisata Alam HPL memiliki potensi dan daya tarik yang baik untuk dikembangkan (2) Persepsi wisatawan terhadap kondisi Wisata Alam HPL tergolong cukup baik, dengan catatan perlu adanya perbaikan di beberapa indikator penilaian (3) Bauran pemasaran yang dimiliki Wisata Alam HPL belum menerapkan konsep ramah lingkungan sehingga muncul rekomendasi strategi pemasaran hijau untuk dinilai prioritasnya oleh para pemangku kepentingan (4) Pengelola ingin memposisikan Wisata Alam HPL sebagai “Wisata Keluarga yang Menyatu dengan Alam” (5) Prioritas strategi dari para pemangku kepentingan adalah “Strategi 1 (Indikator Produk)”. Wisata alam mempunyai potensi yang besar untuk mewujudkan green tourism, namun perlu partisipasi yang lebih terhadap pengelolaan lingkungan dari para pelaku wisata. Seluruh strategi pemasaran hijau yang telah disusun juga dapat dijalankan jika adanya sinergi yang baik antar pemangku kepentingan.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P21128
Uncontrolled Keywords: Pariwisata Hijau, Pemasaran Hijau, Bauran Pemasaran 7P, Metode STP, MPE
Subjects: C > C1009 Cultural tourism
M > M80 Marketing
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ilmu Lingkungan
Depositing User: Mrs Alya Nindityas Utami
Date Deposited: 06 Aug 2021 07:59
Last Modified: 06 Aug 2021 07:59
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/10433

Actions (login required)

View Item View Item