Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Perilaku Pemain Game Online Player Unknown's Battle Ground Mobile pada Komunitas Leathernecks E-sports di Kota Purbalingga

SYAFIQ, Hanifan (2021) Perilaku Pemain Game Online Player Unknown's Battle Ground Mobile pada Komunitas Leathernecks E-sports di Kota Purbalingga. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Hanifan Syafiq-F1C014090-Skripsi-2021.pdf

Download (409kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Hanifan Syafiq-F1C014090-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (890kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Hanifan Syafiq-F1C014090-Skripsi-2021.pdf

Download (614kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Hanifan Syafiq-F1C014090-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Hanifan Syafiq-F1C014090-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Hanifan Syafiq-F1C014090-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Hanifan Syafiq-F1C014090-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (794kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Hanifan Syafiq-F1C014090-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Hanifan Syafiq-F1C014090-Skripsi-2021.pdf

Download (559kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Hanifan Syafiq-F1C014090-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku pemain game online Player Unknown Battle Ground Mobile pada saat di dalam bermain game dan pada saat di luar bermain game ketika berkumpul dengan teman-teman pada komunitas leathernecks e-sports di Kota Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan definisi, motivasi, perilaku, dan dampak yang ditimbulkan dari bermain game online Player Unknown’s Battle Ground Mobile pada komunitas leathernecks e-sports di Kota Purbalingga. Game online Player Unknown’s Battle Ground Mobile adalah sebuah game online beraliran battle royale dimana orang saling bertempur satu sama lain untuk bertahan dan menjadi orang yang paling terakhir hidup dan memenangkan pertandingan. Manusia dalam melakukan kegiatan apapun memerlukan motivasi, begitu pula dalam bermain game online. Motivasi dari keempat informan yang berasal dari komunitas leathernecks e-sports memainkan game online Player Unknown’s Battle Ground Mobile ini adalah karena game ini memiliki grafik yang lebih baik dibanding game lain yang sejenis. Selain itu, motivasi mereka memainkan game ini adalah sebagai sarana hiburan ataupun refreshing untuk melepas penat setelah seharian bekerja. Dalam bermain game online seseorang akan dipengaruhi oleh perilaku, dan perilaku akan berbanding lurus dengan dampak yang akan ditimbulkan dari suatu perbuatan. Perilaku dan dampak yang ditimbulkan oleh keempat informan dari komunitas leathernecks e-sports setelah mereka memainkan game online Player Unknown’s Battle Ground Mobile memiliki dua dampak yakni dampak positif dan juga dampak negatif. Untuk dampak positifnya antara lain munculnya jiwa kompetitif, interaksi dan komunikasi antar anggota komunitas menjadi semakin erat, melatih diri untuk dapat bekerja sama dengan baik, dan dapat menghasilkan uang. Sedangkan untuk dampak negatifnya antara lain membuat informan berperilaku konsumtif, menjadi lupa waktu sehingga ditakutkan dapat berpengaruh ke kesehatan, menjadi suka berkata toxic, dan menyebabkan kecanduan. Untuk mengatasi perilaku dan dampak buruk yang ditimbulkan dari bermain game online Player Unknown’s Battle Ground Mobile antara lain perlu adanya pengawasan dari para orang tua ataupun guru kepada anak-anak usia sekolah untuk dapat membatasi aktivitas mereka bermain game online Player Unknown’s Battle Ground Mobile. Perlu adanya pendataan, pembinaan, dan perlombaan yang secara rutin dapat dilakukan oleh Pemerintah khususnya Pemerintah Kabupaten Purbalingga agar bibit-bibit pemain berbakat khususnya pemain berusia muda dapat menyalurkan bakatnya bermain game online Player Unknown’s Battle Ground Mobile ke arah yang lebih positif seperti menjadi atlit e-sports. Selain itu perlu adanya kesadaran pada diri pemain game online Player Unknown’s Battle Ground Mobile untuk dapat mengatur waktu antara bermain game dengan aktivitas ataupun kegiatan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F21270
Uncontrolled Keywords: Player Unknown’s Battle Ground Mobile, Motivasi, Perilaku, Dampak.
Subjects: C > C631 Communication
C > C648 Community life
C > C679 Computer games
I > I252 Internet
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr Hanifan Syafiq
Date Deposited: 23 Aug 2021 03:19
Last Modified: 23 Aug 2021 03:19
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/10827

Actions (login required)

View Item View Item