Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Penerapan Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 16/1/Pbi/2014 Tentang Perlindungan Konsumen Jasa Sistem Pembayaran Terhadap Nasabah yang Dirugikan Akibat Pembobolan ATM Pada Bank Mandiri KCP Jakarta Departemen Keuangan

NOWIRA, Alhafizh Ihsan (2017) Penerapan Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 16/1/Pbi/2014 Tentang Perlindungan Konsumen Jasa Sistem Pembayaran Terhadap Nasabah yang Dirugikan Akibat Pembobolan ATM Pada Bank Mandiri KCP Jakarta Departemen Keuangan. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (110kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas _1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img]
Preview
PDF (BabV)
Bab V_1.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (DaftarPustaka)
Daftar pustaka_1.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Hubungan kerja sama yang terjalin antara bank dengan nasabah didasarkan pada prisip kepercayaan, akan tetapi dalam praktiknya seringkali tidak dapat dihindarkan adanya sengketa. Sengketa antara bank dan nasabah biasanya terkait dengan pelayanan produk perbankan seperti ATM. Pelayanan ATM tersebut masih terdapat kelemahan yang merugikan nasabah seperti kejahatan pembobolan ATM dengan modus pencurian PIN. Kasus – kasus ini masih kurang diperhatikan oleh bank padahal bank memiliki kewajiban untuk melindungi nasabah sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 16/1/PBI/2014 tentang Perlindungan Konsumen Jasa Sistem Pembayaran. Penelitian ini dilakukan pada Bank Mandiri KCP Jakarta Departemen Keuangan dengan menggunakan metode pendekatan yuridis normatif danspesifikasi penelitian deskriptif analitis. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan dengan studi kepustakaan dan wawancara, sedangkan penyajian data dilakukan secara sistematis dengan metode analisis normatif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bank bertanggung jawab atas pengembalian dana nasabah dengan memastikan bahwa kehilangan dana nasabah akibat kelalaian bank. Perlindungan konsumen jasa sistem pembayaran terhadap nasabah yang dirugikan akibat pembobolan ATM didasarkan pada Pasal 10 PBI No: 16/1/PBI/2014 menyebutkan Penyelenggara wajib bertanggung jawab kepada konsumen atas kerugian yang timbul akibat kesalahan pengurus dan pegawai penyelenggara. Pasal 16 PBI No: 16/1/PBI/2014 ayat (1),(2),(3). Pasal 19 PBI No: 16/1/PBI/2014 menyebutkan penyelenggara wajib menindaklanjuti dan menyelesaikan pengaduan yang disampaikan oleh konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: E17139
Uncontrolled Keywords: ATM, Perlindungan Konsumen, Peraturan Bank Indonesia, Bank Mandiri
Subjects: B > B36 Banks and banking
?? B36a ??
C > C792 Consumer protection
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Mrs Anisa Sri Restanti
Date Deposited: 09 Oct 2018 08:40
Last Modified: 19 Apr 2022 07:57
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/115

Actions (login required)

View Item View Item