SALSABILA, Arum Faza (2021) Efisiensi Pemasaran Bawang Daun di Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Arum Faza Salsabila-A1A017045-Skripsi-2021.pdf Download (208kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Arum Faza Salsabila-A1A017045-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Arum Faza Salsabila-A1A017045-Skripsi-2021.pdf Download (381kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Arum Faza Salsabila-A1A017045-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Arum Faza Salsabila-A1A017045-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (529kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Arum Faza Salsabila-A1A017045-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (544kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Arum Faza Salsabila-A1A017045-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Arum Faza Salsabila-A1A017045-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Arum Faza Salsabila-A1A017045-Skripsi-2021.pdf Download (387kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Arum Faza Salsabila-A1A017045-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (853kB) |
Abstract
Bawang daun merupakan salah satu jenis tanaman sayuran yang memiliki peluang besar untuk dikembangkan di Indonesia. Selain memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan bahan masakan, kebutuhan masyarakat Indonesia akan bawang daun selalu meningkat setiap tahunnya. Kecamatan Bawang sebagai salah satu sentra produksi bawang daun, selama empat tahun terakhir (2016-2019) mampu menyumbang 49,3 persen dari seluruh hasil produksi bawang daun di Kabupaten Batang. Namun, ketergantungan petani kepada pedagang perantara langganan menyebabkan petani tidak dapat mengontrol harga pasar, dan menyebabkan rendahnya keuntungan yang diterima petani. Selain itu, panjangnya saluran pemasaran menyebabkan terjadinya perbedaan harga yang cukup jauh antara petani dengan konsumen akhir bawang daun. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pola saluran pemasaran bawang daun di Kecamatan Bawang, (2) menghitung besarnya margin pemasaran pada masing-masing lembaga pemasaran bawang daun di Kecamatan Bawang, (3) menghitung besarnya bagian harga yang diterima petani (farmer’s share) dari harga di tingkat konsumen, dan (4) menganalisis saluran yang paling efisien untuk pemasaran bawang daun di Kecamatan Bawang. Penelitian dilaksanakan pada Bulan Februari sampai Maret tahun 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif untuk menganalisis saluran pemasaran dan struktur pasar, analisis margin pemasaran, farmer’s share, perhitungan persentase keuntungan dan biaya pemasaran, serta perhitungan indeks efisiensi teknis dan indeks efisiensi ekonomis. Hasil analisis struktur pasar menunjukkan terdapat persaingan oligopsoni di tingkat petani, persaingan oligopoli di tingkat pedagang pengepul dan pedagang besar, dan terjadi persaingan sempurna di tingkat pedagang pengecer. Terdapat empat saluran pemasaran bawang daun yaitu yaitu saluran I (petani – pengepul - pedagang besar - pedagang pengecer - konsumen), saluran II (petani – pengepul – pedagang pengecer – konsumen), saluran III (petani – pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen), dan saluran IV (petani – pedagang pengecer – konsumen). Saluran pemasaran IV merupakan saluran pemasaran yang paling efisien, karena berdasarkan perhitungan margin pemasaran memiliki nilai margin terkecil yaitu Rp4333,33/kg, memiliki nilai farmer’s share terbesar yaitu 56,67 persen. Saluran pemasaran IV juga memiliki nilai indeks efisiensi teknis terkecil yaitu Rp6,05/kg/km dan memiliki nilai indeks efisiensi ekonomis terbesar yaitu Rp1,59/kg.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | A21174 |
Uncontrolled Keywords: | saluran pemasaran, struktur pasar, margin pemasaran, bawang daun |
Subjects: | M > M37 Management Marketing Selling V > V31 Vegetables |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
Depositing User: | Mrs ARUM FAZA SALSABILA |
Date Deposited: | 20 Sep 2021 01:48 |
Last Modified: | 20 Sep 2021 01:48 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/11502 |
Actions (login required)
View Item |