Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Pemberian Beasiswa KIP-Kuliah, Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar

ISWATI, Feni (2021) Pengaruh Pemberian Beasiswa KIP-Kuliah, Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Feni Iswati-C1L017029-Skripsi-2021.pdf.pdf

Download (223kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Feni Iswati-C1L017029-Skripsi-2021.pdf-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Feni Iswati-C1L017029-Skripsi-2021.pdf

Download (302kB)
[img] PDF (BABI)
BAB-I-Feni Iswati-C1L017029-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] PDF (BABII)
BAB-II-Feni Iswati-C1L017029-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] PDF (BABIII)
BAB-III-Feni Iswati-C1L017029-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[img] PDF (BABIV)
BAB-IV-Feni Iswati-C1L017029-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BABV)
BAB-V-Feni Iswati-C1L017029-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Feni Iswati-C1L017029-Skripsi-2021.pdf

Download (421kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Feni Iswati-C1L017029-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif pada mahasiswa penerima beasiswa KIP-Kuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman angkatan 2020. Penelitian ini mengambil judul “Pengaruh Pemberian Beasiswa KIP-Kuliah, Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pengaruh pemberian beasiswa KIP Kuliah terhadap motivasi belajar; (2) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar; (3) Pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap motivasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa penerima beasiswa KIP-Kuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman angkatan 2020 yang berjumlah 91 mahasiswa. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 76 responden yang diambil secara random. Metode yang digunakan dalam penelitian ini antara lain Uji Validitas dan Reliabilitas, Analisis Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Berganda, Uji F, Uji t, dan Koefisien Determinasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menggunakan program IBM SPSS Statistics 24 menunjukkan bahwa: (1) Pemberian beasiswa KIP-Kuliah berpengaruh positif terhadap motivasi belajar; (2) Lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap motivasi belajar; (3) Lingkungan teman sebaya berpengaruh positif terhadap motivasi belajar; (4) Lingkungan teman sebaya memiliki pengaruh paling besar terhadap motivasi belajar. Implikasi pada penelitian ini sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar yaitu bagi mahasiswa diharapkan dapat lebih selektif dalam memilih teman yang baik. Interaksi dengan lingkungan teman sebaya dapat dilakukan melalui group mahasiswa penerima beasiswa KIP-Kuliah sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar. Selain itu, diharapkan dapat menjalin hubungan baik dalam lingkungan keluarga dengan cara saling mendukung untuk hal yang positif. Bagi pemerintah diharapkan dapat meningkatkan kuota penerima beasiswa KIP-Kuliah dan meningkatkan jumlah dana beasiswa KIP-Kuliah bagi mahasiswa yang membutuhkan. Bagi penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambahkan prestasi belajar sebagai variabel independen dan motivasi belajar sebagai variabel moderasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C21353
Uncontrolled Keywords: Pemberian Beasiswa KIP-Kuliah, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Teman Sebaya, Motivasi Belajar.
Subjects: M > M567 Motivation Psychology
S > S774 Study and teaching
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Feni Iswati
Date Deposited: 15 Oct 2021 07:16
Last Modified: 15 Oct 2021 07:16
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/11678

Actions (login required)

View Item View Item