PUTRA, Darmawan Hakim (2020) Gerakan Pendidikan Alternatif Berbasis “Civil Society” di Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
2. COVER-DARMAWAN HAKIM PUTRA-F1D014049-SKRIPSI-2020.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Legalitas)
3. LEGALITAS- DARMAWAN HAKIM PUTRA- F1D014049-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Abstrak)
4. ABSTRACT-DARMAWAN HAKIM PUTRA- F1D014049-SKRIPSI-2020.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BabI)
5. BAB -I-DARMAWAN HAKIM PUTRA-F1D014049- SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabII)
6.BAB-II-DARMAWAN HAKIM PUTRA-F1D014049-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabIII)
7.BAB- III-DARMAWAN HAKIM PUTRA-F1D014049-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabIV)
8. BAB- IV- DARMAWAN HAKIM PUTRA-F1D014049-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
9. BAB- V- DARMAWAN HAKIM PUTRA-F1D014049-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
10.DAFTAR PUSTAKA-DARMAWAN HAKIM PUTRA-F1D014049-SKRIPSI-2020.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
11. LAMPIRAN- DARMAWAN HAKIM PUTRA- F1D014049-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang Gerakan Sosial Pendidikan Alternatif BerbasisCivil Society di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode penelitiankualitatif dengan paradigma konstruktivisme dan pendekatan studi kasus. Penelitian inijuga menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif, dalam model analisis interaktifMiles dan Huberman. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana kontekstualisasi gerakanpendidikan alternatif berbasis civil society dan bagaimana peran pendidikan alternatifbagi masyarakat. Berdasar penelitian yang telah dilakukan hasilnya adalah gerakansosial merupakan ruang dimana terdapat interaksi relasi kekuasaan yang terlibat. Hal inidapat dilihat dari sejarah perkembangan gerakan pendidikan alternatif, metodepembelajaran, syarat kelulusan, dan relasi modal sosial yang dimiliki gerakan pendidikan alternatif. Hal-hal tersebut merupakan cara untuk bertahan dari keadaan dan juga menjelaskan keterkaitan aktor-aktor yang terlibat di dalamnya, karena melibatkanmasyarakat, komunitas, dan juga negara. Peran pendidikan alternatif Briliant Institut dan MTs PAKIS adalah memberikanlayanan pendidikan gratis bagi masyarakat desa hutan hal yang membedakan adalahranahnya. Briliant mendapatkan peserta didik dari masyarakat desa hutan di JawaTengah dengan tujuan menjadikan peserta didik sebagai kader desa dengan standarkompetensinya yang disebut SKPD, karena masalah yang sering dihadapi masyarakatdesa hutan yang terpinggirkan dan hal ini disebabkan karena rendahnya pendidikan.MTs PAKIS memberikan akses pendidikan kepada masyarakat desa hutan di sekitarGrumbul Pesawahan dan Karanggondang setingkat pendidikan menengah pertama.Adanya MTs PAKIS perlahan merubah pandangan masyarakat tentang kesadaranpendidikan, dan sisi lain juga memberikan dampak lain selain akses pendidikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F20018 |
Uncontrolled Keywords: | pendidikan, politik pendidikan, gerakan sosial, civil society |
Subjects: | E > E69 Education S > S441 Social movements |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Politik |
Depositing User: | Users 4080 not found. |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 07:38 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 07:38 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/12887 |
Actions (login required)
View Item |