RAMADHANI, Chandra (2020) Cantik Online Analisis Semiotika Roland Barthes dalam Konstruksi Cantik melalui Review Beauty Vlog di Youtube). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
4.COVER SKRIPSI-CHANDRA RAMADHANI-F1A015084-SKRIPSI-2020.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Legalitas)
3.LEGALITAS SKRIPSI-CHANDRA RAMADHANI-F1A015084-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Anstrak)
2.ABSTRAK TUGAS AKHIR-CHANDRA RAMADHANI-F1A015084-SKRIPSI-2020.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BabI)
5.BAB I PENDAHULUAN-CHANDRA RAMADHANI-F1A015084-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabII)
6.BAB II TINJAUAN PUSTAKA-CHANDRA RAMADHANI-F1A015084-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
7.BAB III METODE PENELITIAN-CHANDRA RAMADHANI-F1A015084-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
8.BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN-CHANDRA RAMADHANI-F1A015084-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
9.BAB V PENUTUP-CHANDRA RAMADHANI-F1A015084-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
10.DAFTAR PUSTAKA-CHANDRA RAMADHANI-F1A015084-SKRIPSI-2020.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
11.LAMPIRAN-CHANDRA RAMADHANI-F1A015084-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang konstruksi cantik terhadap penggunaan make-up yangdigunakan oleh beauty vlogger. Beauty vlogger menampilkan peragaan make-up melaluivideo atau vlog di Youtube yang telah mengonstruksi kecantikan kepada banyakkalangan untuk menggunakan make-up seperti versi beauty vlogger. Tujuan penelitian iniadalah mendeskripsikan dan menjelaskan mengenai konstruksi yang terjadi pada reviewbeauty vlog dengan harga make-up yang murah di Youtube. Penelitian dilakukanmenggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes, karena semiotika tersebutmenjelaskan mengenai konotasi dan denotasi yang akan menimbulkan pemikiran baruyang berujung pemikiran baru tersebut dipercayai dan diyakini oleh masyarakat. Hasil penelitian menjelaskan make-up tidak dapat terlepaskan dari perempuan, diyakinidengan konstruksi yang terjadi karena pengaruh ulasan review beauty vlog. Dengandemikian, media dan arus globalisasi sangat memberikan peluang besar dibidangkecantikan yaitu kemunculan vlogger-vlogger. Hal ini pula memberikan peluang kepadakapitalis untuk terus menerus menjual-belikan produk kecantikan yang murah, salahsatunya adalah make-up dengan harga di bawah Rp. 100.000,-. Sehingga dampak arusglobalisasi diindustri kecantikan yaitu perempuan saat ini lebih banyak mengonsumsiYoutube khususnya menonton review beauty vlog. Dengan adanya review beauty vlog,mereka dapat memutuskan untuk penggunaan produk-produk kecantikan yang akandipilihnya sebelum pada akhirnya menggunakannya. Standar kecantikan perempuan Indonesia oleh beauty vlogger yaitu lebih kepada bagianwajah selain membuat cantik menggunakan make-up selain terlihat putih adalah cantikyang mengarahkan ke wajah yang natural. Dengan artian, make-up digunakan untukmerias wajah supaya terlihat natural. Disisi lain, tentunya dengan penggunaan make-upyang murah meriah, siapa saja bisa cantik dan tidak perlu mengeluarkan uang lebihuntuk mengikuti konstruksi cantik yang ada. Pada dasarnya cantik tidak hanya dilihatdari dalam (inner beauty) akan tetapi juga cantik yang tampak dari fisik, maka dari itupenggunaan make-up natural dianggap jaman sekarang penunjang untuk penampilanyang populer baik diluar maupun dalam keseharian. Hal ini memang tidak bisa dihindarkan bahwa untuk mendapatkan cantik, banyakperempuan menghabiskan waktu untuk bermake-up. Akan tetapi, supaya perempuantidak terus-menerus terbawa arus media dan globalisasi, maka perempuan juga harusmemilah-milah dan bersikap tidak mengonsumsi terlalu berlebihan perihal cantik ini.Dengan demikian perempuan tidak terbawa kepada stereotype negatif, dimanaperempuan tidak hanya menampilkan kecantikan fisik saja, khususnya bagian wajah,disisi lain perempuan juga harus cerdas. Cerdas dalam arti tidak hanya pintar memilihproduk kecantikan, akan tetapi cerdas dalam pengetahuan supaya dapat bertindak danbersikap lebih bijak. Hal ini supaya perempuan tidak selalu ditempatkan pada posisinomer dua setelah laki-laki.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F20051 |
Subjects: | A > A1 Abacus B > B83 Beauty contests |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Users 4080 not found. |
Date Deposited: | 20 Jan 2022 03:32 |
Last Modified: | 20 Jan 2022 03:32 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/12980 |
Actions (login required)
View Item |