WILDARIANI, Rasti Ajeng (2022) Implementasi Push Pull Mooring Framework terhadap Perilaku Webrooming dan Showrooming pada Omnichannel. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Rasti Ajeng Wildariani-H1E017005-Tugas Akhir-2022.pdf Download (51kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Rasti Ajeng Wildariani-H1E017005-Tugas Akhir-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rasti Ajeng Wildariani-H1E017005-Tugas Akhir-2022.pdf Download (368kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Rasti Ajeng Wildariani-H1E017005-Tugas Akhir-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (501kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Rasti Ajeng Wildariani-H1E017005-Tugas Akhir-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (820kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Rasti Ajeng Wildariani-H1E017005-Tugas Akhir-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (823kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Rasti Ajeng Wildariani-H1E017005-Tugas Akhir-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Rasti Ajeng Wildariani-H1E017005-Tugas Akhir-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (765kB) |
|
PDF (BabVI)
BAB-VI-Rasti Ajeng Wildariani-H1E017005-Tugas Akhir-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Rasti Ajeng Wildariani-H1E017005-Tugas Akhir-2022.pdf Download (622kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Rasti Ajeng Wildariani-H1E017005-Tugas Akhir-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Salah satu strategi yang digunakan untuk pekembangan retail adalah strategi omnichannel. Strategi omnichannel adalah strategi yang mengintegrasikan seluruh saluran penjualan. Strategi ini memberikan pilihan kepada konsumen untuk memilih dan berpindah dari suatu saluran ke saluran lainnya. Hal ini menyebabkan timbulnya perilaku webrooming dan showroooming. Beberapa bisnis retail sudah menerapkan strategi omnichannel seperti Alfamart, Zara, Telkomsel, dan lai-lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja dan bagaimana pengaruh faktor penyebab webrooming dan showrooming dengan menggunakan Push-Pull Mooring (PPM) Framework untuk memaksimalkan penjualan diseluruh saluran penjualan pada retail. Faktor Push meliputi information searching, service quality, dan price. Faktor Pull meliputi alternative attractiveness dan responsiveness. Faktor Mooring meliputi switching cost, subjctive norm, dan habbit. Penelitian ini menggunakaan data primer yang berasal dari data 100 kuisioner yang didapatkan dari pengguna omnichannel di Kabupaten Banyumas. Pengolaahan data menggunakan software SmartPLS dan diperoleh hasil terdapat indikator yang memiliki pengaruh positif dan indikator yang memiliki pengaruh negatif pada masing-masing variabel push, pull, mooring terhadap perilaku webrooming dan showrooming. Usulan yang mungkin diberikan kepada perusahaan omnichannel yaitu memperhatikan faktor information searching, price, alternative attractiveness, dan responsiveness pada masingmasing saluran penjualan dan menambah kualitas pada faktor-faktor tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H22009 |
Uncontrolled Keywords: | Omnichannel, Webrooming, Showrooming, Push-Pull Mooring (PPM) Framework |
Subjects: | C > C1020 Customer services E > E391 Equipment and supplies M > M80 Marketing |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri |
Depositing User: | Mrs RASTI AJENG WILDARIANI |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 14:05 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 06:29 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13250 |
Actions (login required)
View Item |