RAMDHANY, Nanda Ajeng (2020) Hubungan Karakteristik Mahasiswa Non-Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman dengan Tingkat Kepercayaan Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Nanda Ajeng-I1C016006-Skripsi-FIKES-2020.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nanda Ajeng-I1C016006-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nanda Ajeng.R-I1C016006-Skripsi-FIKES-2020.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Nanda Ajeng-I1C016006-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Nanda Ajeng-I1C016006-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Nanda Ajeng-I1C016006-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Nanda Ajeng-I1C016006-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Nanda Ajeng-I1C016006-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nanda Ajeng-I1C016006-Skripsi-2020.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nanda Ajeng-I1C016006-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Latar Belakang : Kepercayaan merupakan hal yang terpenting dalam membangun hubungan yang profesional antara pasien dan tenaga kefarmasian. Pasien akan memiliki rasa kepercayaan terhadap tenaga kesehatan berdasarkan pengalaman pasien dalam mengenal tenaga kesehatan. Pemberi pelayanan harus memahami karakteristik pasien agar pelayanan yang diberikan sesuai dengan harapan pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan karakteristik mahasiswa non-kesehatan Universitas Jenderal Soedirman dengan tingkat kepercayaan pelayanan kefarmasian di apotek. Metodologi : Penelitian ini merupakan penelitian non–eksperimental dengan pendekatan cross–sectional. Pengambilan sampel responden pada mahasiswa non-kesehatan dilakukan dengan metode stratified sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesieoner. Analisis univariat digunakan untuk mengetahui persentase karakteristik dan tingkat kepercayaan, analisis bivariat menggunakan uji chi-square untuk mengetahui hubungan antara karakteristik mahasiswa non-kesehatan dengan tingkat kepercayaan. Hasil Penelitian : Sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 136 sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa 61% mahasiswa memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi pada pelayanan kefarmasian. Analisis bivariat menunjukan tidak terdapat hubungan antara karakteristik jenis kelamin (p-value = 0,257), karakteristik angkatan mahasiswa (p-value =0,216), karakteristik fakultas (p-value = 0,367), dan karakteristik kunjungan ke apotek lebih dari dua kali dalam kurun waktu maksimal 6 bulan (p-value = 0,909) dengan tingkat kepercayaan pelayanan kefarmasian di apotek. Kesimpulan : Mahasiswa non-kesehatan memiliki tingkat kepercayaan tinggi dan hasil analisis bivariat tidak terdapat hubungan antara karakteristik mahasiswa non-kesehatan dengan tingkat kepercayaan pelayanan kefarmasian di apotek.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | I20195 |
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan kefarmasian, Tingkat kepercayaan, Karakteristik mahasiswa non-kesehatan. |
Subjects: | P > P199 Pharmaceutical chemistry |
Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Farmasi |
Depositing User: | Users 4080 not found. |
Date Deposited: | 25 Mar 2022 07:09 |
Last Modified: | 25 Mar 2022 07:09 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13992 |
Actions (login required)
View Item |