Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Perbandingan Rerata Nilai Ujian Written Test antara Mahasiswa dengan Gaya Belajar Aktif dan Reflektif Menurut Felder-Silverman Learning Style Model

BAHARI, Ratih (2020) Perbandingan Rerata Nilai Ujian Written Test antara Mahasiswa dengan Gaya Belajar Aktif dan Reflektif Menurut Felder-Silverman Learning Style Model. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
2. COVER-Ratih Bahari-G1A016018-Skripsi-2020.pdf

Download (176kB)
[img] PDF (Legalitas)
3. LEGALITAS-Ratih Bahari-G1A016018-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
4. ABSTRAK-Ratih Bahari-G1A016018-Skripsi-2020.pdf

Download (405kB)
[img] PDF (BabI)
5. BAB 1-Ratih Bahari-G1A016018-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] PDF (BabII)
6. BAB 2-Ratih Bahari-G1A016018-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[img] PDF (BabIII)
7. BAB 3-Ratih Bahari-G1A016018-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] PDF (BabIV)
8. BAB 4-Ratih Bahari-G1A016018-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img] PDF (BabV)
9. BAB 5-Ratih Bahari-G1A016018-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
10. DAFTAR PUSTAKA-Ratih Bahari-G1A016018-Skripsi-2020.pdf

Download (368kB)
[img] PDF (Lampiran)
11. LAMPIRAN-Ratih Bahari-G1A016018-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Kurikulum Pendidikan Dokter Gigi disusun berdasarkanStandar Kompetensi Dokter Gigi Indonesia. Pencapaian kompetensi pada Jurusan Kedokteran Gigi FK Unsoed dapat dinilai, salah satunya dari hasil written test.Written test dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah gayabelajar. Pada dimensi pemrosesan dalam gaya belajar model Felder Silverman (FSLSM), gaya belajar dibedakan menjadi gaya belajar aktif dan gaya belajarreflektif. Kedua gaya belajar tersebut banyak dimiliki oleh mahasiswa Kedokteran. Tidak diketahui apakah perbedaan dalam gaya belajar tersebut berpengaruh terhadap hasil written test. Informasi mengenai gaya belajar diharapkan dapat dimanfaatkan untuk evaluasi kegiatan belajar mengajar guna meningkatkan performa akademik. Tujuan : Mengetahui perbandingan rerata nilai written test semester 2 antara gaya belajar aktif dan reflektif menurut FSLSM pada mahasiswa Jurusan Kedokteran Gigi FK Unsoed Angkatan 2018.Metode : Rancangan cross sectional dilakukan pada 44 mahasiswa Jurusan Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman Angkatan 2018 yang dipilih dengan metode total sampling. Pengambilan data gaya belajar menggunakan kuesioner ILS dengan adaptasi. Analisis hipotesis menggunakan ujit tidak berpasangan. Hasil : Gaya belajar yang paling banyak dimiliki adalah gaya belajar aktif(79,55%) dan rerata nilai ujian written test paling banyak pada kategori C(34,09%). Rerata nilai pada gaya belajar reflektif lebih tinggi 3,77 poin dibandingkan gaya belajar aktif. Hasil uji t tidak berpasangan mendapatkan nilaip = 0,36.Kesimpulan : Tidak terdapat perbedaan bermakna rerata nilai Written Test semester 2 antara gaya belajar aktif dan reflektif menurut FSLSM pada mahasiswa Jurusan Kedokteran Gigi FK Unsoed Angkatan 2018.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: G20049
Uncontrolled Keywords: Felder-Silverman, Gaya Belajar, Hasil Belajar, Written Test
Subjects: C > C716 Concept learning
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Pendidikan Dokter
Depositing User: Users 4079 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2022 03:42
Last Modified: 05 Apr 2022 03:42
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/14180

Actions (login required)

View Item View Item