Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Kualitas Pelayanan Pendidikan di SMP Negeri 7 Purwokerto

Arti, Diah Ismi (2022) Kualitas Pelayanan Pendidikan di SMP Negeri 7 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Diah Ismi Arti-F1B014051-Skripsi-2022.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Diah Ismi Arti-F1B014051-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (788kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Diah Ismi Arti-F1B014051-Skripsi-2022.pdf

Download (178kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Diah Ismi Arti-F1B014051-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Diah Ismi Arti-F1B014051-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Diah Ismi Arti-F1B014051-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Diah Ismi Arti-F1B014051-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Diah Ismi Arti-F1B014051-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Diah Ismi Arti-F1B014051-Skripsi-2022.pdf

Download (394kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Diah Ismi Arti-F1B014051-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kualitas pelayanan pendidikan dapat dinilai dari seberapa besar tujuan dari penyelenggaraan pendidikan itu dapat tercapai. Kualitas pelayanan pendidikan erat kaitannya dengan kepuasan peserta didik, ketika peserta didik merasa puas akan pelayanan pendidikan yang diberikan maka mereka akan memberikan hasil dan prestasi yang baik dalam upaya pencapaian tujuan dari penyelenggaraan pendidikan. Salah satu tujuan yang hendak dicapai adalah menghasilkan generasi muda yang berkualitas, berkarakter, dan berdaya saing tinggi. Untuk mewujudkan itu semua tentunya pemerintah harus menyediakan fasilitas dan akses pendidikan yang memadai. Urusan pemerintahan wajib yang berkaitan dengan pelayanan pendidikan adalah Standar Pelayanan Minimal Bidang Pendidikan (SPM Pendidikan). Salah satu jenis pelayanan dasar pada SPM Pendidikan daerah kabupaten/kota adalah pelayanan dasar pada jenjang pendidikan dasar yang kemudian disebut Standar Pelayanan Pendidikan Dasar (SPM Dikdas). SPM Dikdas adalah tolak ukur kinerja pelayanan pendidikan dasar melalui jalur pendidikan formal yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Purwokerto dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini ditentukan melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dengan wawancara mendalam, pengamatan langsung dan dokumentasi. Penelitian ini melihat kualitas pelayanan pendidikan melalui aspek pengelolaan sarana dan prasarana, pendidik dan tenaga kependidikan, kurikulum, penilaian pendidikan, dan manajemen sekolah. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan pendidikan yang berdasarkan pada indikator pelaksanaan SPM Pendidikan Dasar (SPM Dikdas) di SMP Negeri 7 Purwokerto sudah baik dan hampir semua komponen terpenuhi. Namun masih ada beberapa kendala yang terjadi, diantaranya mengenai jumlah pendidik dan tenaga kependidikan. SMP Negeri 7 Purwokerto masih kekurangan guru, dan jumlahnya cukup banyak. Mengingat guru merupakan komponen utama dalam mendukung mutu pendidikan itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F22089
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan Pendidikan, Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar
Subjects: C > C432 Civil service
E > E69 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs Diah Ismi Arti
Date Deposited: 23 Feb 2022 03:15
Last Modified: 23 Feb 2022 03:15
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/14666

Actions (login required)

View Item View Item