PROBOWATI, Dwi Hardika (2022) Perempuan dan Teknologi Informasi (Studi tentang Peran Perempuan dalam Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Teknologi Informasi di Kampung Marketer Kabupaten Purbalingga). Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
1-COVER-DWI HARDIKA P-F2B018011-TESIS-2022.pdf Download (688kB) |
|
PDF (Legalitas)
2-LEGALITAS-DWI HARDIKA P-F2B018011-TESIS-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
3-ABSTRAK-DWI HARDIKA P-F2B018011-TESIS-2022.pdf Download (689kB) |
|
PDF (BabI)
4-BAB I-DWI HARDIKA P-F2B018011-TESIS-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (720kB) |
|
PDF (BabII)
5-BAB II-DWI HARDIKA P-F2B018011-TESIS-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (743kB) |
|
PDF (BabIII)
6-BAB III-DWI HARDIKA P-F2B018011-TESIS-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (756kB) |
|
PDF (BabIV)
7-BAB IV-DWI HARDIKA P-F2B018011-TESIS-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
8-BAB V-DWI HARDIKA P-F2B018011-TESIS-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (690kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
9-DAFTAR PUSTAKA-DWI HARDIKA P-F2B018011-TESIS-2022.pdf Download (698kB) |
|
PDF (Lampiran)
10-LAMPIRAN-DWI HARDIKA P-F2B018011-TESIS-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kampung Marketer adalah sebuah bisnis berbasis teknologi dan informasi yang memberdayakan pekerjanya melalui pendidikan dan pelatihan menjadi sumber daya manusia yang berkualitas di bidang marketing online kemudian berkolaborasi dengan para pebisnis di seluruh Indonesia. Berdasarkan data dari Kampung Marketer terdapat 842 yang diberdayakan, terdiri dari 95 laki-laki sebagai advertiser dan 609 perempuan sebagai customer service dan sisanya adalah admin dan leader. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui peran perempuan dan dampak kesejahteraan sosial ekonomi dalam pemberdayaan berbasis teknologi informasi di Kampung Marketer. Tujuan khusus dari penelitian ini yaitu mengkaji dan menjelaskan peran perempuan dan dampak pemberdayaan terhadap sosial ekonomi berbasis teknologi informasi di Kampung Marketer. Penelitian ini menggunakan metode kualitaitf dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Kampung Marketer, Desa Tunjungmuli Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah. Teknik pengumpulan data penelitian yaitu wawancara dengan perempuan sudah menikah yang ikut pemberdayaan di Kampung Marketer, observasi yang digunakan yaitu observasi non partisipatif serta data sekunder yaitu dokumentasi. Teknik pengambilan informan dengan purposive sampling. Teknik analisis data dengan menggunakan model interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pemberdayaan di Kampung Marketer adalah memberikan pendidikan dan pelatihan berbasis teknologi informasi kepada warga desa baik perempuan maupun laki-laki dan memperkerjakan mereka untuk membantu para pebisnis online memasarkan produknya. Perempuan diposisikan sebagai customer service yang bertugas untuk melayani pelanggan dengan menghandle chat yang masuk dari pelanggan, menawarkan produk secara online, menerima keluhan pelanggan dan lain-lain karena perempuan dinilai lebih teliti, lembut, sabar dalam mengahadapi customer. Sedangkan laki-laki diposisikan sebagai advertiser, content writer dll yang lebih banyak mendalami teknologi informasi karena laki-laki dinilai lebih menguasai teknologi informasi. Program pemberdayaan kepada kaum perempuan oleh Kampung Marketer secara nyata dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga. Menurut BKKBN, rumah tangga customer service Kampung Marketer termasuk dalam golongan keluarga sejahtera III. Artinya, keluarga tersebut dapat memenuhi kebutuhan dasar seperti pangan, sandang, papan, kesehatan dan pendidikan, sosial psikologis, kebutuhan pengembangan dan aktualisasi diri. Implikasi penelitian ini yaitu Kampung Marketer hendaknya dapatmemberikan peluang yang lebih luas kepada kaum perempuan dalam memanfaatkan teknologi informasi. Kampung Marketer melakukan kerjasama dengan lembaga setempat untuk mengembangkan pemberdayaan masyarakat di masa depan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Nomor Inventaris: | P222077 |
Uncontrolled Keywords: | Peran, Perempuan, Berbasis Tenologi Informasi |
Subjects: | I > I260 Internet marketing S > S255 Sex role W > W170 Women |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Sosiologi |
Depositing User: | Mrs DWI HARDIKA PROBOWATI |
Date Deposited: | 04 Mar 2022 07:57 |
Last Modified: | 04 Mar 2022 07:57 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/14972 |
Actions (login required)
View Item |