Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Tingkat Penerapan Dokumen Sistem Penjaminan Mutu di Industri Kecil Menengah Gula Kelapa Kristal Desa Bojong, Purbalingga

AMBARWATI, Choirunnisa (2016) Analisis Tingkat Penerapan Dokumen Sistem Penjaminan Mutu di Industri Kecil Menengah Gula Kelapa Kristal Desa Bojong, Purbalingga. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (894kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (976kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (983kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (970kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (982kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Industri Kecil Menengah (IKM) Sari Bumi merupakan produsen gula kelapa di Bojong, Purbalingga. Suatu industri harus memiliki strategi untuk mendapatkan produk aman, dipercaya oleh pelanggan, dan mampu bersaing dipasaran. Oleh karena itu, perlu penerapan sistem penjaminan mutu yang baik, konsisten, dan berkelanjutan dengan berpedoman pada dokumen sistem penjaminan mutu yang berisi kegiatan terencana dan sistematis sehingga dapat menghasilkan produk bermutu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Tingkat persepsi kemudahan pelaksanaan terhadap dokumen prosedur mutu, 2) Tingkat pelaksanaan responden terhadap dokumen prosedur mutu, 3) Tingkat persepsi kemudahan pelaksanaan terhadap dokumen instruksi kerja, 4) Tingkat pelaksanaan responden terhadap dokumen instruksi kerja, dan 5) Pengaruh kegiatan kaji tindak terhadap karakteristik mutu gula kelapa IKM Sari Bumi berdasarkan SNI 01-3743-1995. Penelitian ini dilaksanakan di Industri Kecil Menengah Sari Bumi gula kelapa kristal Desa Bojong, Kecamatan Mrebet, Purbalingga. Penelitian dilakukan menggunakan metode kaji tindak dengan responden sebanyak 40 orang yang merupakan anggota IKM Sari Bumi. Penelitian diawali dengan pembagian dokumen Sistem Penjaminan Mutu (SPM) yang terdiri dari dokumen prosedur mutu dan instruksi kerja. Dilanjutkan dengan sosialisasi mengenai sistem penjaminan mutu dan SNI oleh pakar atau ahli. Setelah itu, dilakukan pendampingan sesuai dengan isi dokumen SPM. Evaluasi penerapan dan mutu produk dilakukan sebelum dan sesudah kegiatan kaji tindak sosialisasi dan pendampingan SPM. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis uji T dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan kaji tindak meningkatkan persepsi tingkat kemudahan terhadap dokumen prosedur mutu pada setiap elemen. Kegiatan kaji tindak meningkatkan tingkat pelaksanaan terhadap dokumen prosedur mutu pada setiap elemen. Kegiatan kaji tindak meningkatkan persepsi tingkat kemudahan terhadap dokumen instruksi kerja proses produksi dan penggunaan utilities dari agak mudah (5,2-5,4) menjadi mudah (5,9), sedangkan instruksi kerja pembuangan air buangan tetap sama mudah (5,5-5,9). Kegiatan kaji tindak meningkatkan tingkat pelaksanaan terhadap dokumen instruksi kerja proses produksi dari dilaksanakan cukup baik (3,2) menjadi dilaksanakan dengan baik (3,7), sedangkan penggunaan utilities tetap sama dilaksanakan cukup baik (3-3,2) dan pembuangan air buangan tetap sama dilaksanakan cukup baik (2,7-3,1). Kegiatan kaji tindak dapat memperbaiki sifat sensori, kadar air, kadar abu, dan gula reduksi pada gula kelapa kristal di IKM Sari Bumi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16147
Uncontrolled Keywords: Sistem Penjaminan Mutu,Industri Kecil Menengah, Gula Kelapa Kristal
Subjects: Q > Q2 Quality control
S > S399 Small business
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Ilmu dan Teknologi Pangan
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 31 Mar 2022 01:50
Last Modified: 31 Mar 2022 01:50
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15245

Actions (login required)

View Item View Item